Yes People, saat ini kalo kita buka portal berita terkait bidang kesehatan, yang akan kita temui di halaman muka setiap portal berita adalah informasi terkait virus corona atau 2019-nCoV. Virus yang pertama kali menyebar di Wuhan – China ini, sebenarnya termasuk virus umum yang menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas yang tidak berbahaya, namun pada kasus tertentu infeksi beberapa jenis virus corona ternyata bisa berdampak serius.

Pada tahun 2003, corona virus menyebabkan 774 kematian akibat Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Pada tahun 2012 Virus corona mengakibatkan 585 kematian akibat Middle East respiratory syndrome (MERS), yang muncul pertama kali di Arab Saudi.

Pada akhir Januari 2020, WHO mengindentifikasi munculnya 2019-nCoV di China. Pada akhir Januari 2020, tercatat ada sekitar 300 kasus yang teridentifikasi di China. Hingga Senin kemarin (27/1) tercatat virus corona telah menjangkit sekira 2.794 orang dan 80 orang meninggal dunia di beberapa negara. Antara lain yakni China, Hong Kong, Thailand, Macau, Amerika, Australia, Jepang, Malaysia, hingga Singapura.

World Health Organization (WHO) menyatakan virus tersebut bisa menular dari manusia ke manusia. Untuk itu, perlu pencegahan untuk melindungi diri dari virus korona, penyebab pneumonia misterius itu. Pasien yang tejangkit virus corona akan mengalami gejala seperti terserang pneumonia. Antara lain demam, lemas, batuk, dan kesulitan bernapas.

Dikutip dari Tempo.co, Pusat Pengendali Penyakit di China melaporkan hasil tes terhadap 33 dari 585 sampel yang dikumpulkan menunjukkan bahwa virus Corona yang mengakibatkan pneumonia bagi penderitanya berasal dari pasar hewan liar di kota Wuhan.

Menurut lembaga tersebut, sampel yang terkena virus ditemukan di antara 22 kios dan satu truk sampah di pasar ikan di kota Wuhan, provinsi Hubei. Dari sampel yang diteliti, sebanyak 93,9 persen sampel diambil dari bagian selatan pasar ikan di Wuhan, tempat perdagangan hewan liar ilegal.

Diyakini virus itu dibawa oleh kelalawar dan ditularkan kepada manusia lewat cara penularan yang belum pasti diketahui. Oleh karena itu, para ahli virus masih menelusuri sumber virus, mengendalikannya dan mengidentifikasi perantara penularan dari hewan ke manusia. Ini sebagai kunci untuk pengendalian penularan.

Nah Yes Peple, agar kita terhindar dari virus corona maupun virus yang lain, kita perlu menerapkan pola hidup sehat serta menggunakan masker saat bepergian keluar rumah, sering cuci tangan dan hindari memegang gagang pintu yang kotor. Be Health and Happy. (DID-berbagai sumber)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here