Bulan Agustus jadi bulan yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Kenapa? Pasti kalian semua sudah pada tahu jawabannya!

Ya, setiap bulan Agustus kita ngerayain kemerdekaan bangsa. Tepat di tanggal 17 Agustus 1945 silam, Presiden RI pertama, Soekarno dengan lantang memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia. Secara sederhana, bendera merah putih pun resmi dikibarkan serta mengusir para penjajah yang berada di negeri ini.

Momen Hari Kemerdekaan RI di masa silam pun kini nggak bisa lepas tanpa perayaan yang meriah. Kalian pasti sudah tahu kalau ada beragam lomba, festival, pertunjukan seni sampai makan bersama sebagai rasa syukur masyarakat atas kemerdekaan Indonesia.

Tapi, kalian pada tahu nggak nih kalau di berbagai daerah Indonesia ada tradisi-tradisi unik menjelang 17 Agustus? Kalau belum, yuk kepoin tradisi apa saja sih yang unik dan menarik di berbagai daerah Indonesia.

1. Tradisi Baritan di Kota Malang

Tradisi yang pertama berasal dari kota Malang, Jawa Timur. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat setempat dengan duduk secara lesehan bersama, sambil menikmati nasi tumpeng dan lauk pauknya. Makna tradisi ini adalah sebagai bentuk wujud rasa syukur atas segala berkat yang telah Tuhan berikan.

2. Tradisi Lomba Sampan Layar di Batam

Tradisi lomba ini sudah ada sejak tahun 1959 lho gengs! Hal yang bikin orang-orang tertarik buat nonton perlombaan ini adalah pertandingannya yang seru dengan sampan para peserta yang warna-warni serta ditambah pemandangan langit biru bertemu dengan birunya air laut. Wah, pasti indah banget kan!

3. Tradisi Lari Obor Estafet di Semarang

Hey, buat kalian yang di Semarang, Jawa Tengah, pasti sudah nggak asing dengan tradisi ini. Tradisi ini bisa dilakukan buat semua kalangan, mulai anak-anak hingga orangtua. Bagian serunya nih, lari obor estafet ini dilakukan di malam hari secara semangat. Obor yang mereka bawa sebagai simbol semangat yang berapi-api yang dimiliki oleh para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.

4. Tradisi Lomba Dayung di Banjarmasin

Lomba dayung ini jadi tradisi wajib di Banjarmasin setiap Hari Kemerdekaan RI. Lomba yang biasanya bertempat di sungai Martapura ini digelar dengan meriah dan semarak. Dalam lomba ini, peserta yang terdiri dari 10 orang per perahu diharuskan menempuh jarak 500 meter. Untuk menambah semangat para peserta, hadiahnya nggak cuma uang saja lho, tapi piala bergilir dari Gurbernur setempat. Wah, seru ya!

Penulis: Arista Dharmayanti


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here