Home Lifestyle Trik Tepat Menyimpan Sisa Kue Lebaran

Trik Tepat Menyimpan Sisa Kue Lebaran

Sesudah hari Lebaran, kue kering dan cakes biasanya masih banyak tersisa. Tapi eits, jangan buru-buru dibuang atau dicuekin ya, Ladies?

Kue-kue Lebaran itu masih bisa kita simpan dan dimakan lho usai Hari Raya. Nah, agar kelezatannya tetap bisa dinikmati bersama, simak ini trik tepat untuk menyimpannya, Ladies!

Cara Menyimpan Kue Kering

1. Biarkan kue dingin dulu

Kalau kamu membuat sendiri kue-kue kering, biarkan dingin dulu sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Jika kue masih dalam keadaan panas, akan terjadi penguapan, wadah menjadi lembap dan membuat kue cepat lembek.

2. Pilih wadah yang kedap udara

Semakin kedap udara, maka kue kering akan tetap renyah dan bertahan lebih lama. Bila wadahnya berupa kertas karton tebal, bungkus dulu kue kering dalam plastik dan ikat rapat.

3. Keringkan wadah

Sebelum memasukkan kue, pastikan wadah benar-benar kering. Jangan sampai ada air sedikitpun. Kelembapan akan membuat kue kering cepat lembek.

4. Lapisi dengan garam bungkus

Bila tak ada silica gel, kamu bisa menggantinya dengan garam yang dibungkus kain. Garam akan menyerap kelembapan. Bungkus 1-2 sendok teh garam dengan kain bersih, ikat rapat, kemudian masukkan ke dasar setoples atau sisi setoples, baru susun kue kering di atas atau sekitarnya.

5. Simpan di tempat kering

Hindari berdekatan dengan makanan lain yang berbau menyengat seperti terasi, durian, atau nangka.

Menyimpan Cake

1. Simpan dalam kulkas

Paling aman menyimpan cake atau kue basah di kulkas. Bungkus lebih dulu dengan aluminium foil, masukkan ke dalam wadah kedap udara, lalu simpan di kulkas. Wadah kedap udara juga menghindari kue terkontaminasi aroma makanan yang lain yang ada di kulkas.

2. Lembapkan lagi

Suhu di kulkas akan membuat kue jadi mengering. Lembapkan kembali dengan menciprati permukaan kue dengan air matang, atau lapisi permukaannya dengan irisan apel atau irisan roti tawar. Dalam dua hari kue akan lembap kembali.

3. Keringkan di oven

Jika setelah dilapisi buah, permukaan kue menjadi terlalu basah dan lembek. Keringkan dengan memanaskannya dalam oven di suhu 120 derajat celcius selaam 2-3 menit.

Penulis: @ary.nug

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Kamu Perlu Tahu! Ini 6 Perlombaan 17 Agustus yang Seru dan Penuh Kebersamaan

Momen Agustus-an selalu ditunggu bangsa ini sebagai penanda bahwa kita sudah merdeka. Nah, sebagai penyemangat, kita pun selalu melihat, bahkan ikut serta dalam berbagai...

Unik dan Menarik, Ini 4 Tradisi Perayaan Kemerdekaan di Berbagai Daerah

Bulan Agustus jadi bulan yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Kenapa? Pasti kalian semua sudah pada tahu jawabannya! Ya, setiap bulan Agustus kita ngerayain kemerdekaan...

Nggak Usah Takut Dibilang Norak Pakai Outfit Nuansa Kemerdekaan

Sabtu, 17 Agustus hari ini Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-74 tahun. Tentu selain bersemangat, kita juga penasaran ya untuk menyiapkan outfit di hari...

HUT Ke-74 RI, Yuk Guys Intip 5 Fakta Unik Soal Proklamasi

Indonesia merdeka ditandai dengan pembacaan teks proklamasi oleh Presiden RI pertama, Soekarno. Tapi tahukah kamu, kalau saat itu sebenarnya Soekarno sedang sakit? Tak hanya itu,...

Kenalan Yuk dengan Valentina Sampaio, Model Transgender Pertama Victoria’s Secret

Nama Valentina Sampaio belakangan menarik perhatian netizen. Gara-garanya, sosoknya yang cantik dan seksi itu ternyata seorang transgender yang resmi direkrut oleh label pakaian dalam...