Home Tip yang Bisa Membuat Kamu Semangat Kerja Usai Libur Panjang Lebaran

Tip yang Bisa Membuat Kamu Semangat Kerja Usai Libur Panjang Lebaran

Libur panjang Idul Fitri telah selesai. Diakui saja gengs, habis libur panjang pasti semangat kerja justru menurun, karena masih terbawa suasana liburan.

Sementara di depan mata, pekerjaan sudah menunggu. Ayo, jangan bermalas-malasan ya? Sebab, setiap hari kita harus kreatif untuk menghasilkan pundi-pundi penghasilan lagi demi masa depan yang indah.

So, simak ini beberapa tip untuk membangkitkan kembali semangat kerja kamu usai libur panjang Lebaran.

1. Istirahat Satu Hari Sebelum Kerja

Kemanapun kamu pergi, berapa lama pun kamu berlibur, usahakan pulang dua hari menjelang masuk kerja sehingga H-1 sebelum masuk kerja bisa dimanfaatkan untuk istirahat. Kalau perlu manfaatkan untuk mengembalikan stamina seperti tidur puas, pijat, creambath, atau refleksi.

2. Cek Email dan Pesan dari Grup Kantor

Sehari sebelum libur berakhir, gunakan untuk mengecek email dan pesan grup kantor kamu di berbagai media sosial. Ini untuk mengetahui tugas apa saja yang sudah menanti dan harus di-follow up.

3. Beli Peralatan Kantor

Manfaatkan juga waktu libur untuk membeli beberapa peralatan kantor yang membangkitkan semangat kerja seperti cangkir bertuliskan quotes inspiratif, atau pernak-pernik kantor dengan warna favorit.

4. Siapkan Baju Kerja

Siapkan outfit kantor yang ingin kamu kenakan untuk mengawali hari setelah liburan. Pilih baju favorit yang bisa membangkitkan semangat kamu untuk ke kantor. Setelah itu, bereskan tas kantor dan siapkan peralatan kantor seperti tab, notebook, dan sebagainya sehingga di pagi hari kamu siap berangkat kerja.

5. Datang Lebih Pagi

Supaya bisa beradaptasi dengan suasana kerja, datanglah lebih awal di hari pertama masuk sehingga kamu bisa beradaptasi kembali dengan meja kerja kamu, dan memungkinkan untuk beres-beres meja kerja.

6. Ngobrol dengan Rekan Kerja

Akrabkan suasana kerja dengan menghampiri teman-teman kerja, dan mengobrol dengan mereka. Siapa tahu ada informasi baru tentang pekerjaan dan kantor, selama kamu berlibur.

7. No Party Music

Kalau kamu suka mendengarkan musik, jangan pasang musik untuk pesta atau yang mengingatkan kamu pada liburan kemarin. Tapi, pasang musik favorit lain yang membangkitkan semangat kerja. Kalau perlu, cari lagu yang liriknya membuat kamu bersemangat kembali.

8. Buat Jadwal Kerja

Untuk memudahkan kerja kamu yang masih ‘jetlag’, buat jadwal kerja untuk memudahkan kamu melakukan tugas di hari berikutnya.

9. Prioritaskan Pekerjaan yang Penting

Hari pertama masuk kerja setelah berlibur, biasanya memang sulit untuk langsung konsentrasi kerja. Namun, usakahan menyelesaikan tugas prioritas yang tenggat waktunya paling dekat.

10. Pilih Pekerjaan yang Ringan-ringan Dulu

Namanya juga hari pertama kerja, kalau tidak ada tugas penting dari bos dan tidak dikejar tenggat waktu, tak ada salahnya pilih pekerjaan yang ringan saja dulu. Agar pikiran dan tubuh kamu bisa beradaptasi kembali dengan suasana dan ritme kerja seperti biasanya. Seperti orang yang sudah lama tidak berenang, pertama kali melakukannya lagi, pasti memilih tempat yang dangkal, tidak langsung ke air yang dalam.

11. Jangan Buat Janji Rapat di Hari Pertama Masuk

Ini harus kamu lakukan sebelum berlibur, jangan buat janji rapat di hari pertama masuk jika tidak sangat penting. Kamu bisa melakukannya di hari kedua masuk kerja.

12. Hindari Rekan yang Sering Meminta Bantuan

Hari pertama kerja, hindari orang-orang yang sering meminta bantuan kamu. Kalaupun harus bertemu mereka, berani bilang tidak. Kamu perlu waktu untuk diri sendiri sebelum membantu orang lain.

13. Kamu Butuh Pekerjaan Ini

Tanamkan dalam diri kamu, bahwa kamu membutuhkan pekerjaan ini untuk mencari penghasilan dan bertahan hidup. Bayangkan rencana besar kamu seperti membeli mobil, membayar cicilan rumah, hingga menabung untuk rencana berlibur selanjutnya. Mau tak mau, kamu memang harus kembali semangat bekerja.

14. Rencanakan Liburan Berikutnya

Supaya bersemangat, bayangkan liburan yang kamu agendakan berikutnya. Dengan demikian, kamu terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal agar bisa berlibur kembali.

Penulis: @ary.nug

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Kesal dengan Jerawat? Yuk, Cegah dengan 5 Makanan Sehat Ini, Ladies!

Ketika masa pubertas datang, inilah saatnya anak-anak remaja diributkan dengan masalah jerawat. Padahal, jerawat adalah hal yang normal. Tetapi jika jerawat masih saja muncul...

Kepoin Yuk, 3 Situs Belanja Online Produk Makeup yang Lengkap dan Oke Ini

Belanja online makeup saat ini sudah menjadi tren. Selain meringkas waktu, kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah ketimbang beli di mall atau...

Psst! Ini 6 Trik Jitu Menarik Perhatian Cowok di Dunia Maya

Buat kamu yang masih jomblo, nggak perlu sedih ya? Sebab, banyak jalan lho untuk bisa berjumpa dengan jodohmu. Salah satunya lewat dunia maya. Ya,...

‘Anna’, Si Pembunuh Cantik yang Layak Kamu Tonton di Bulan Ini

Satu lagi nih film yang layak kamu tonton di bulan Juni ini gengs. 'Anna', film genre crime, action, thriller ini merupakan garapan sutradara Luc...

Kisah Pencarian Kekuatan Magis Elsa dalam Trailer ‘Frozen 2’

Petualangan Elsa, Anna, Kristoff, dan sang rusa dalam film 'Frozen' dipastikan bakal berlanjut. Trailer dari sekuel film tersebut telah dirilis pihak Walt Disney Pictures...