Museum ini di resmikan tanggal 25 November 2019 oleh Ibu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Museum tersebut diresmikan dan dibuka bertepatan pada Hari Guru lho gengs.

Berlokasi di Jl. Genteng Kali No. 10 Surabaya, museum ini mengajak para penggunjungnya untuk melihat ulang perjalanan pendidikan dari masa ke masa. Sejak era pra aksara hingga masa kini.

Dengan dibuka pukul 08.00 – 16.00 WIB
Museum Pendidikan Surabaya ini merupakan museum tematik yang didirikan sebagai salah satu langkah untuk melestarikan sejarah maupun budaya dari sebuah pendidikan. Tujuannya untuk mendukung kegiatan edukasi, riset dan menjadi salah satu tempat rekreasi di Kota Surabaya.

Jumlah koleksi Museum Pendidikan Surabaya ini memiliki 860 buah yang terdiri dari berbagai macam jenis koleksi antara lain; Historia, Filologika, Heraldika, Etnografika, Keramologika, dan Tehnologika.

Alur maupun konsep dari museum ini memiliki storyline periodisasi dari masa ke masa dinamika pendidikan di Indonesia. Alur museum terbagi menjadi Masa Pra-aksara, Masa Klasik, Masa Kolonial dan Masa Kemerdekaan.

Semoga masyarakat bisa memahami riwayat pendidikan akan membekali kita dengan nalar dan hati menjadi luwes. Harapannya Museum Pendidikan Surabaya ini menjadi salah satu destinasi yang bermanfaat yang ingin berkunjung bagi masyarakat Surabaya dan Indonesia pasa umumnya. (NN)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here