Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keragaman cita rasa kulinernya dengan sensasi pedas dan asin yang menggiurkan.

Tak hanya itu, jenis makanan khas Jawa Barat ini juga seringkali memiliki nama-nama yang unik dan lucu yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Nah, penasaran seperti apa jenis makanan khas Jawa Barat? Ini dia rekomendasinya!

1. Seblak

Seblak merupakan salah satu jenis makanan khas Jawa Barat yang namanya sudah terkenal di berbagai kawasan di Indonesia. Pada awalnya, makanan khas dari Bandung ini diolah dari bahan dasar kerupuk aci. Namun, seiring perkembangan jaman yang lebih moderen, makanan yang memiliki sensasi pedas ini dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan toping lezat lainnya seperti ceker, telur, macaroni, batagor, sosis, bakso, dan masih banyak lagi.

Sangat mudah menemukan janis makanan khas Jawa Barat satu ini jika kamu sedang ada di kawasan Bandung. Namun, untuk kamu yang tinggal jauh dari Bandung, makanan satu ini juga sangat mudah kamu buat sendiri di rumah dengan aneka toping lho!

2. Asinan Bogor

Buat kamu pecinta kuliner, tentu sudah tahu dong makanan khas Jawa Barat satu ini. Ya, makanan khas Jawa Barat yang memiliki bahan dasar buah-buahan atau sayuran segar ini merupakan salah satu jenis kuliner yang berasal dari kota Bogor. Asinan Bogor memiliki cita rasa pedas, manis dan asin yang pas. Apalagi buat kamu penggemar buah-buahan, tentu jangan pernah melewatkan jenis oleh-oleh saat berkunjung ke Bogor.

Namun, buat kamu yang tinggal jauh dari Bogor, kamu tak perlu khawatir, Ladies! Sebab, cara membuat jenis camilan satu ini sangatlah mudah dan bisa kamu praktekan sendiri di rumah.

3. Batagor

Bagi orang Sunda, nama makanan khas Jawa Barat satu ini tentu tidak asing lagi di telinga ya! Ya, Batagor merupakan salah satu jenis makanan khas Bandung yang mempunyai rasa gurih dan nikmat. Memiliki bahan dasar tepung aci, tahu dan pangsit yang disiram dengan sambal kacang ini membuat jenis makanan khas Jawa Barat satu ini selalu dicari oleh para penggemarnya.

Buat kamu yang ingin membuat sendiri di rumah juga bisa lho. Sebab, bahan-bahan untuk membuat batagor bisa sangat mudah kamu temui di berbagai supermarket atau pasar tradisonal.

4. Cimol

Cimol adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sudah ada sejak lama. Khususnya bagi warga Jawa Barat, camilan yang memiliki bahan dasar aci digoreng ini biasanya disajikan dengan berbagai bumbu pedas.

Nah, kalau kamu yang ingin membuat sendiri di rumah, olahan makanan khas Jawa Barat satu ini juga sangat mudah kamu aplikasikan di rumah sendiri.

5. Cilok

Nama Cilok tentu tidak asing lagi di telinga, khususnya yang dulu jaman SD-nya sering jajan di kantin sekolah. Meskipun makanan berbahan dasar tepung kanji ini merupakan jenis makanan khas Jawa Barat, tapi cilok sangat mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Camilan ini biasanya tersedia dua pilihan. Yakni, cilok kering dan kuah.

Nah, dari sederet makanan khas Jawa Barat ini, mana nih yang jadi favorit kamu? (Ry)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here