Yes People, tahukah kita Revolusi industri yang dimulai sejak abad ke 18 kini telah memasuki era baru yakni revolusi industri ke 4. Dimana terjadi perubahan besar mengenai cara manusia memproduksi barang atau jasa, Perubahan yang terjadi ini tentunya berdampak pada seluruh bidang kehidupan seperti dalam bidang ekonomi.politik, sosial, dan juga budaya, yang bersifat global.

Revolusi industry 4,0 mulai dicetuskan pertama kali pada tahun 2011 lalu oleh sekelompok perwakilan ahli berbagai bidang asal Jerman, dalam acara Hannover Trade Fair. Dalam paparannya kala itu era industri telah memasuki inovasi baru, dimana proses produksi mulai berubah pesat. Pemerintah Jerman menganggap serius gagasan ini dan tidak lama menjadikan gagasan tersebut sebagai sebuah gagasan resmi. Jerman sendiri menggelontorkan modal sebesar €200 juta untuk menyokong akademisi, pemerintah, dan pebisnis untuk melakukan penelitian lintas akademis mengenai Revolusi Industri 4.0.

Tidak hanya Jerman yang melakukan penelitian serius mengenai Revolusi Industri 4.0, namun negara adidaya Amerika Serikat juga menggerakkan Smart Manufacturing Leadership Coalition (SMLC), sebuah organisasi nirlaba yang terdiri dari produsen, pemasok, perusahaan teknologi, lembaga pemerintah, universitas dan laboratorium yang memiliki tujuan untuk memajukan cara berpikir di balik Revolusi Industri 4.0.

Bagaimana dengan Indonesia dan surabaya pada khususnya, guna mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan revolusi industry 4.0 yang tentunya tidak mudah, maka para akademisi dan lembaga pendidikan selaku ujung tombak peningkatan wawasan Sumber Daya Manusia Indonesia, memiliki tanggung jawab besar untuk menyiapkan generasi muda menghadapi revolusi industry 4.0

Salah satunya melalui program pembekalan praktek kerja industry (Prakerin) atau magang kerja yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia atau STIESIA Surabaya kepada kurang lebih 185 siswa SMK IPIEMS Surabaya. Menurut Ketua STIESIA Surabaya Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak., CA, melalui pembekalan ini diharapkan para peserta didik SMK dapat mempersiapkan diri sebelum terjun ke lapangan kerja yang saat ini persaingannya amatlah ketat.

Nah Yes People siapkah kita menghadapi Revolusi industry 4.0 ? (DID)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here