Semanggi Suroboyo.. dimakan enak sekali, sayur semanggi krupuk puli.. siapa sih orang Surabaya yang gak tau sama makanan legendaris satu ini? Semanggi merupakan makanan khas Surabaya yang mungkin sekarang agak susah untuk mencari penjualnya. Bisa dibilang juga sudah mulai langka, kalo pun ada hanya di tempat – tempat tertentu.

            Buat kamu yang kepo gimana sih makanan semanggi ini, semanggi terbuat dari sayur semanggi yang dimasak sampai lembut, kecambah matang, dan bumbu yang khas. Bumbunya hampir mirip seperti bumbu pecel sih, namun apa yang buat beda? Yap bumbu semanggi ini memiliki rasa sedikit manis karena campuran dari singkong rebusnya, gula merah dan bumbu-bumbu lainnya. Agar makannya lebih pas ada pelengkapnya juga yaitu kerupuk puli dan alas yang digunakan bukan menggunakan piring, tetapi menggunakan pincuk daun pisang segar. Hmm.. bisa ngebayangin kan gimana sedapnya makanan satu ini?

            For your information ya gengs, Semanggi berasal dari tumbahan paku air, di Indonesia tanaman ini bisa di temukan di saluran irigasi atau di pekarangan rumah. Ternyata daun semanggi ini memiliki kasiat yang tinggi bagi kesehatan salah satunya bisa meningkatkan kualitas tulang agar terhindar dari osteoporosis. Selain itu bisa juga mengobati berbagai macam penyakit yaitu, pengecilan hati, sakit amandel, infeksi saluran kencing, melancarkan buang air kecil, batuk dan sesak nafas, sampai sariawan.

            Jadi semanggi ini tidak hanya makanan biasa lo gengs, tetapi banyak manfaat yang positif bagi yang mengkonsumsinya. Nah, buat kamu yang belum cobain gimana enaknya semanggi ini, buruan cobain.. gak akan rugi deh.

Penulis : @rizkiramadhannn


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here