Home !Profil Saat Kamu Kecewa Ditolak PTN, Intip Ini 6 Trik Memilih PTS yang...

Saat Kamu Kecewa Ditolak PTN, Intip Ini 6 Trik Memilih PTS yang Bagus

Merasa kecewa karena gagal masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit, itu rasanya lumrah ya guys. Banyak kok yang mengalami itu. Tapi, kekecewaan yang kamu rasakan itu sebaiknya jangan berlarut-larut ya?

Sebab, kamu harus terus berjalan untuk menatap masa depan. Sadari saja, kalau masuk PTN itu memang sulit karena terbatasnya kapasitas dan tingginya persaingan sehingga kamu harus punya pilihan untuk melanjutkan studimu.

Nah, pilihannya adalah coba toleh untuk melanjutkannya ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Jangan meremehkan kualitas PTS ya guys? Sebab, banyak PTS yang memiliki kualitas baik, bahkan menyamai PTN.

Dengan strategi yang tepat, kamu bisa memperoleh jurusan di PTS yang menjanjikan, baik dari segi mutu pendidikan maupun prospek di dunia kerja ke depan. So, yuk simak ulasannya agar kamu bisa memilih PTS yang bagus.

1. Peringkat

Kualitas mumpuni dari suatu PTS akan menentukan tingginya peringkat dari kampus tersebut. Namun, banyak orang tidak begitu peduli terhadap peringkat kampus karena dianggap tidak penting. Kamu sebaiknya mencari tahu melalui laman resmi berbagai lembaga, misalnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dan Webometrics. Di sana akan terlihat posisi kampus tersebut baik secara nasional ataupun internasional, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam kamu memilih.

2. Akreditasi

Akreditasi merupakan standar yang ditentukan pemerintah untuk menunjukkan kualitas sebuah perguruan tinggi. Ada tiga tingkat akreditasi umum yang perlu kamu ketahui. Yakni, terdiri dari akreditasi A (sangat baik), akreditasi B (baik), dan akreditasi C (cukup). Kamu bisa melihat peringkat akreditasi suatu kampus di laman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hati-hati dalam memilih dan mendaftar perguruan tinggi, karena setiap jurusan memiliki akreditasi berbeda-beda. Jadi, sebaiknya kamu memastikan akreditasi jurusan yang dipilih juga bagus. Sebab, hal itu turut memengaruhi kemudahan dalam mencari pekerjaan. Pengetahuan masyarakat umum terhadap citra dan kualitas lulusan dari jurusan tersebut juga akan membuat tingkat akreditasinya semakin tinggi.

3. Lokasi

Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang PTS apa saja di sekitar kota tempat tinggal sesuai jurusan yang menjadi minat dan pilihan, tentu dengan mempertimbangkan faktor kualitas. Jika tidak tersedia, maka kamu bisa mencari informasi PTS di kota lain. Namun, faktor biaya tambahan perlu menjadi pertimbangan bila memilih PTS di luar kota asal atau tempat tinggal Untuk itu, cari tahu terlebih dulu biaya kuliah, biaya sewa kamar kost, serta biaya hidup, termasuk harga rata-rata makanan dan minuman, ongkos transportasi, dan kebutuhan lainnya.

4. Biaya Kuliah

Pemahaman bahwa tingginya biaya kuliah disebabkan tingginya kualitas pembelajaran tidak sepenuhnya benar. Demikian pula anggapan PTS lebih mahal daripada PTS. Tidak semua PTS menetapkan biaya kuliah lebih tinggi dibanding PTN. Ada juga PTS menawarkan biaya kuliah terjangkau dengan kualitas pendidikan yang tidak kalah dengan PTN. Beberapa di antaranya bahkan menawarkan kesempatan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi.

5. Rekomendasi

Kamu tidak perlu ragu meminta saran serta menanyakan pengalaman mahasiswa dan alumni yang sudah merasakan kegiatan belajar mengajar di PTS yang disasar. Pertimbangan itu menjadi bekal untuk mengetahui proses pembelajaran di kampus tersebut karena diperoleh dari orang yang benar-benar sudah menjalaninya. Tentu faktor subyektifitas masih perlu diuji lebih lanjut.

6. Kualitas Alumni

Kesuksesan alumni dari suatu jurusan di PTS juga berpengaruh terhadap pilihan seseorang. Bila kampus itu memiliki banyak alumni berprestasi dan berkualitas bagus, otomatis akan menjadi rujukan bagi para calon mahasiswa memilihnya.

Penulis: @ary.nug

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Ngeri! Kekurangan Mineral, Tubuh Kamu Bisa Rusak dan Cepat Tua Lho!

Ada beberapa fakta penting mengenai mineral yang patut kita simak. Mineral diperlukan oleh tubuh kita, tentu sudah kita tahu. Namun, ternyata kekurangan mineral bisa...

Mau Nyaman Bekerja? Yuk, Intip 4 Tip Mendekorasi Ruangan Kerja Kamu

Tak dapat dipungkiri, kantor merupakan rumah kedua bagi kamu karyawan kantoran. Bahkan, sepertiga hidup kamu dihabiskan di kantor. Untuk bisa memberikan kenyamanan di dalam...

‘The Lion King’ Film Paling Laris Pekan Ini

'The Lion King' sukses melenggang ke puncak box office. Di pekan pertama tayang, film arahan sutradara Jon Favreau ini mampu mengantongi pendapatan hingga USD...

Dokter dan YouTuber Kece yang Memperdalam Ilmu Kedokteran Paling Susah

Nama perempuan cantik ini Yuletta Adny Ambarsari. Kalau kamu suatu saat bertemu dengan perempuan yang biasa disapa Sari ini, kesan yang kamu dapat pasti...

‘Stranger Things 3’ Jadi Serial Paling Banyak Ditonton di Netflix

Serial TV dari Amrik, 'Stranger Things' season 3 sukses memecahkan rekor sebagai serial paling banyak ditonton. Serial yang tayang di Netflix ini ditonton lebih...