Home Headline Puas-puasin! Makan Daging Kurban Ternyata Nggak Bikin Darah Tinggi

Puas-puasin! Makan Daging Kurban Ternyata Nggak Bikin Darah Tinggi

Idul Adha identik dengan makanan daging sapi dan kambing. Nah, kalau kamu khawatir banyak makan daging kurban, terutama daging kambing akan mengganggu kesehatan, sebaiknya simak ulasan ini.

Kabar baiknya, mengonsumsi daging kambing ternyata tidak akan mengakibatkan darah tinggi. Bahkan, mengonsumsi 1 kg daging kambing pun tidak akan mendatangkan darah tinggi.

Ini karena, salah satu bagian dari Hari Raya Kurban yang tidak boleh dilewatkan adalah menyantap daging kambing atau sapi bersama keluarga dan teman. Datangnya penyakit darah tinggi saat mengonsumsi daging kambing hanyalah mitos.

Bahkan, mengunyah 1 kg daging kambing pun tak akan mendatangkan darah tinggi. Kambing cukup sehat asal dagingnya saja, bukan dibarengi dengan jeroan, babat, otak, dan usus.

Daging kambing mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan daging sapi karena kandungan lemak dan kolesterolnya yang lebih rendah. Dalam takaran 100 gram, lemak daging kambing hanya 3,03 gram, sedangkan daging sapi 7,72 gram.

Kolesterol daging kambing juga sedikit lebih rendah, yaitu 75 miligram, dan kolesterol sapi 80 miligram. Namun, cara masak yang tepat juga perlu diketahui agar mendapatkan manfaat nutrisi sepenuhnya.

Bagi pecinta sate kambing, disaranan agar tidak memanggangnya hingga gosong. Saat proses pemanggangan, protein pada daging kambing yang terkena panas tinggi bisa berubah menjadi zat karsinogen.

Sementara jika tidak suka daging yang dipanggang, masak dengan kuah juga dapat menjadi pilihan.

Dalam proses ini, lebih baik hindari penggunaan santan yang berlebihan. Penambahan sayur juga dapat menambahkan kandungan vitamin pada hidangan kambing.

So, selamat menikmati daging kurban kamu bersama keluarga tersayang ya gengs?

Penulis: Ry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Kamu Perlu Tahu! Ini 6 Perlombaan 17 Agustus yang Seru dan Penuh Kebersamaan

Momen Agustus-an selalu ditunggu bangsa ini sebagai penanda bahwa kita sudah merdeka. Nah, sebagai penyemangat, kita pun selalu melihat, bahkan ikut serta dalam berbagai...

Unik dan Menarik, Ini 4 Tradisi Perayaan Kemerdekaan di Berbagai Daerah

Bulan Agustus jadi bulan yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Kenapa? Pasti kalian semua sudah pada tahu jawabannya! Ya, setiap bulan Agustus kita ngerayain kemerdekaan...

Nggak Usah Takut Dibilang Norak Pakai Outfit Nuansa Kemerdekaan

Sabtu, 17 Agustus hari ini Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-74 tahun. Tentu selain bersemangat, kita juga penasaran ya untuk menyiapkan outfit di hari...

HUT Ke-74 RI, Yuk Guys Intip 5 Fakta Unik Soal Proklamasi

Indonesia merdeka ditandai dengan pembacaan teks proklamasi oleh Presiden RI pertama, Soekarno. Tapi tahukah kamu, kalau saat itu sebenarnya Soekarno sedang sakit? Tak hanya itu,...

Kenalan Yuk dengan Valentina Sampaio, Model Transgender Pertama Victoria’s Secret

Nama Valentina Sampaio belakangan menarik perhatian netizen. Gara-garanya, sosoknya yang cantik dan seksi itu ternyata seorang transgender yang resmi direkrut oleh label pakaian dalam...