ilustrasi (tokopedia)

Kegiatan berolahraga juga menjadi salah satu aktivitas yang sangat digemari oleh masyarakat selama pandemi.

“Bersepeda, yoga dan pilates, bermain sepatu roda dan skateboard, golf serta tenis meja merupakan lima aktivitas olahraga yang memicu kenaikan signifikan pada penjualan produk di kategori Olahraga selama kuartal III 2020,” ujar VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak.

Tidak hanya itu, keadaan pandemi di sisi lain mendorong masyarakat lebih banyak membaca selama di rumah. Pada kategori Buku, buku tentang pengembangan diri, pendidikan, religi dan buku fiksi menjadi produk yang paling populer.

Pandemi mendorong masyarakat untuk tetap melaksanakan aktivitas baik bekerja maupun sekolah dari rumah. (Work From Home (WFH) dan School From Home (SFH)). Kebutuhan untuk kedua hal tersebut pun turut meningkat.

Tokopedia mengungkapkan, terjadi peningkatan transaksi pada kategori Komputer dan Laptop di platform mereka selama kuartal III 2020. Wifi extender, meja laptop, mouse, webcam dan headset tercatat sebagai produk yang paling banyak dibeli oleh masyarakat selama periode tersebut.

Di sisi lain, masyarakat tetap tidak melupakan perawatan diri. Di kategori Kecantikan Tokopedia- serum wajah lokal, krim dan pembersih wajah menjadi produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat.

Salah satu pegiat usaha lokal yang menghadirkan beragam produk perawatan wajah, Aubree Skin, mengalami kenaikan transaksi lebih dari 10 kali lipat selama periode Juli-September 2020. Kesadaran masyarakat untuk tetap merawat diri ini mendorong adanya peningkatan pada kategori Perawatan Tubuh yang mencapai lebih dari 2 kali lipat di Tokopedia.

Pada kategori Fashion Pria dan Wanita, kaos, celana pendek, aksesoris kacamata, jam tangan, baju tidur dan pakaian dalam menjadi yang paling populer. Sementara pada kategori Fashion Muslim, perlengkapan ibadah, jilbab dan gamis menjadi produk yang paling laris.

“Kunci menghadapi pandemi adalah tetap beradaptasi dengan terus berinovasi dan berkolaborasi. Tokopedia dalam hal ini berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa, melalui kolaborasi dengan para mitra strategis, untuk mempermudah masyarakat menemukan apa pun yang dibutuhkan kapan pun, hingga menciptakan peluang,” Ujar Nuraini Razak lagi. by


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here