Ketika bulan puasa, tak jarang kita merasa mengantuk di siang hari. Akibatnya, aktivitas kuliah, sekolah maupun bekerja menjadi terganggu. Tapi nggak usah khawatir gengs, untuk mencegah rasa kantuk yang datang pas puasa, ini simak ada 4 jenis makanan yang harus kamu konsumsi.

1. Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lebih lambat dicerna oleh tubuh, sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama. Otomatis, tubuh mampu menyimpan energi lebih lama. Konsumsilah beras merah sebagai menu sahurmu, karena beras merah mengandung karbohidrat kompleks. Kamu juga bisa mengkonsumsi ubi-ubian atau roti gandum.

2. Makanan Tinggi Zat Besi

Bayam dan kangkung adalah sayuran hijau yang mengandung zat besi. Fungsi zat besi dalam tubuh adalah membantu penyerapan oksigen, sehingga kita tidak mudah mengantuk.

3. Buah-buahan

Jangan lupa menyertakan buah-buahan bervitamin C dalam menu sahur kamu. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi agar lebih optimal. Kamu bisa mendapatkannya di jeruk, mangga, pepaya, atau nanas.

4. Air Putih

Konsumsi air putih delapan gelas setiap hari tetap bisa kamu lakukan selama berpuasa. Caranya? Minumlah selama rentang waktu berbuka hingga sahur. Hal ini akan mencegah kamu terkena dehidrasi.

Penulis: @ary.nug


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here