Cewek dan belanja, ibarat mata rantai yang erat dan sulit dilepaskan. Kamu pun rasanya sulit menahan godaan untuk tidak belanja saat hang out ke mal.

Bahkan, seringkali banyak dari kamu mengalami defisit setiap bulannya karena kebiasaan belanja ini. Bingung cara mengontrol kebiasaan ini? Segala sesuatu yang eksesif memiliki penyebab atau trigger.

Pahami penyebab kamu tidak bisa menahan godaan berbelanja. Apa yang berusaha kamu ‘puaskan’ dari kebiasaan berbelanja kamu. Apakah hanya karena senang berbelanja semata? Ataukah ada kebutuhan psikis yang terpenuhi ketika kamu berbelanja?

Apabila hanya kesenangan belanja semata, coba tanyakan lagi kepada dirimu, what matters most to you? Apakah ada keinginan untuk melanjutkan sekolah? Apakah kamu punya destinasi liburan yang kamu idam-idamkan?

Fokuskan diri pada hal-hal besar yang kamu inginkan, sehingga komitmen untuk bisa mengurangi belanja bisa kamu mulai dari sekarang. Namun, apabila kesenangan belanja ternyata menjawab kebutuhan psikismu, pahami apa yang menjadi penyebab hal itu and solve the problem.

Cari cara untuk menyelesaikan konflik diri kamu. Menyelesaikan masalah dengan menimbulkan masalah baru tidak akan pernah berhasil. Jadi, cobalah untuk memulai mengontrol diri dan kebiasaan belanja kamu. (Ry)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here