Home !Q&A Mau Nikahin Si Dia? Ini 3 Tip Cerdas Memilih Cincin Pernikahan

Mau Nikahin Si Dia? Ini 3 Tip Cerdas Memilih Cincin Pernikahan

Habis Lebaran biasanya menjadi momen yang pas untuk kamu dan si dia berencana melenggang ke altar pernikahan.

Nah, salah satu momen berharga saat menyatakan cinta di hari pernikahan adalah saat menyematkan benda melingkar tak terputus di jari belahan jiwa. Simbol abadi ini bermakna kepribadian, komitmen, dan selera fashion.

Tapi, bagaimana memilih cincin sesuai selera? Yuk, simak tip cerdas memilih cincin pernikahan berikut.

1. Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Cincin?

Nilai sebuah cincin ditentukan oleh material, kadar karat, berat hingga hiasan batu permata yang membuatnya indah. Keterbatasan dana dapat disiasati dengan pilihan berat, kadar, penghias dan juga model sehingga ongkos pembuatan lebih murah. Namun tak ada salahnya jika kamu berinvestasi pada cincin pernikahan, karena kamu akan mengenakan cincin ini seumur hidup. Tak seperti pesta pernikahan yang berlangsung hanya satu hari, cincin akan melekat setiap hari di jarimu.

2. Mana yang Lebih Baik, Emas atau Platinum?

Cincin pernikahan biasanya memakai bahan dasar emas atau platinum. Emas dapat muncul dari beragam warna seperti kuning yang terkesan klasik, merah muda atau putih seperti platinum. Emas kuning adalah klasik, simbol kehangatan cinta dari sebuah pernikahan. Tanda di balik bagian dalam biasanya tertulis kadar dari emas yang menentukan kualitas sebuah emas. Empat belas, 18, dan 24 karat adalah kadar yang biasa dipakai. Jika kamu sering beraktivitas menggunakan tangan, pilih 14 atau 18 karat untuk mengurangi gesekan. Walaupun lebih mahal dan terlihat lebih berkilau, kadar emas 24 karat biasanya lebih mudah dibentuk.

Saat ini ada kecenderungan memilih emas putih. Selain karena lebih bernilai dibanding perak, harganya pun lebih murah dari platinum. Platinum adalah material yang berkilau dan dikenal lebih kuat. Dipakai untuk banyak simbol cinta, karena kandungan logamnya lebih aman, terlebih jika kamu menderita alergi terhadap logam. Dalam pemilihan material perlu juga diperhatikan aspek kesehatan, hal ini tidak berhubungan dengan bajet atau selera.

3. Bagaimana Memilih Desain yang Baik?

Karena cincin bersifat abadi, idealnya desain yang digunakan harus bersifat seasonless, berumur panjang. Ada beberapa pertimbangan dalam memilih desain:

– Pilih dan tentukan bersama
Perempuan umumnya sudah mengetahui apa yang diinginkan, jadi mari duduk manis dan berdiskusi bersama pasangan soal ini.

– Cincin pernikahan dan cincin pertunangan
Jangan lupakan cincin tunangan, beberapa orang memakai cincin pernikahan bersamaan dengan cincin tunangan, jadi pastikan modelnya matching ya?

– Bukan sekadar gaya
Perhatikan gaya kamu, cincin haruslah menonjolkan tangan, bukan menyembunyikan. Jika kamu sering bekerja manual menggunakan tangan dan tak ingin membuat rusak cincin, pilih batu permata solid yang tahan banting. Namun jika aktivitas kamu lebih luang, tak ada salahnya menonjolkan berlian dan kemilau dari cincin pernikahan.

– Cincin sehari-hari
Desain simpel, nyaman dan tak sulit dibersihkan adalah modal utama. Ingatlah cincin ini akan dikenakan sampai ulang tahun perkawinan perak, bahkan emas.

– Waktu terbaik
Pastikan melakukan fitting and final fitting ukuran cincin. Dan, ingat lakukan fitting saat siang atau sore hari ketika suhu tubuh dalam kondisi normal.

– Sertifikat
Pastikan sertifikasi perhiasan kamu benar dan batu permatanya memiliki sertifikat dari asosiasi yang kredibel.

Penulis: @ary.nug

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Kesal dengan Jerawat? Yuk, Cegah dengan 5 Makanan Sehat Ini, Ladies!

Ketika masa pubertas datang, inilah saatnya anak-anak remaja diributkan dengan masalah jerawat. Padahal, jerawat adalah hal yang normal. Tetapi jika jerawat masih saja muncul...

Kepoin Yuk, 3 Situs Belanja Online Produk Makeup yang Lengkap dan Oke Ini

Belanja online makeup saat ini sudah menjadi tren. Selain meringkas waktu, kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah ketimbang beli di mall atau...

Psst! Ini 6 Trik Jitu Menarik Perhatian Cowok di Dunia Maya

Buat kamu yang masih jomblo, nggak perlu sedih ya? Sebab, banyak jalan lho untuk bisa berjumpa dengan jodohmu. Salah satunya lewat dunia maya. Ya,...

‘Anna’, Si Pembunuh Cantik yang Layak Kamu Tonton di Bulan Ini

Satu lagi nih film yang layak kamu tonton di bulan Juni ini gengs. 'Anna', film genre crime, action, thriller ini merupakan garapan sutradara Luc...

Kisah Pencarian Kekuatan Magis Elsa dalam Trailer ‘Frozen 2’

Petualangan Elsa, Anna, Kristoff, dan sang rusa dalam film 'Frozen' dipastikan bakal berlanjut. Trailer dari sekuel film tersebut telah dirilis pihak Walt Disney Pictures...