Akhir pekan kembali datang. Buat kamu yang mau berlibur, tahu nggak, kalau liburan itu nggak harus mahal lho! Ya, liburan dengan bajet rendah bisa dilakukan asalkan kamu tahu cara menikmati liburan secara hemat.

Kamu masih bisa bersenang-senang dengan bajet yang pas-pasan. Pun, buat kamu yang mempunyai bajet lebih tapi ingin liburan dengan hemat. Jangan sampai pula pulang liburan kali ini kamu gigit jari karena saldo di rekening terkuras habis.

Nah, ini ada 5 trik yang dijamin akan membuat liburan kamu menyenangkan tapi tetap hemat.

1. Gunakan Internet

Dari jauh hari sebelum kamu berlibur, tentukan obyek wisata yang akan dikunjungi. Lalu pilih hotel yang akan dijadikan tempat menginap, plus tentu saja mencari tiket transportasi. Merencanakannya dari jauh-jauh hari berarti kamu bisa lebih leluasa mencari penawaran yang paling menarik. Selain itu, saat sampai di destinasi berlibur nanti, kamu tidak akan lagi merasa bingung harus pergi ke mana.

2. Mencoba Beragam Kuliner Khas

Liburan tanpa wisata kuliner? Ah, rugi! Dijamin, kamu pasti penasaran untuk mencoba semua makanan khas dari daerah tempat liburan. Untuk mensiasatinya, kamu bisa membeli dengan cara sharing bersama teman. Selain lebih hemat, kamu juga bisa memberikan ruang di perut untuk makanan-makanan lainnya kan?

3. Jangan Pergi Saat Musim Liburan

Saat musim liburan tiba, bukan hanya harga-harga yang melonjak, tapi dijamin kamu tidak bisa merasakan sensasi liburan secara maksimal. Ya, bayangkan saja setiap obyek wisata pasti ramai oleh pengunjung.

4. Mengelola Uang

Sebelum pergi, selain harus menyusun itinerary, kamu juga harus menyusun rencana pengeluaran selama liburan. Dan yang paling penting, kamu harus menaati rencana yang sudah dibuat sendiri tersebut. Sebaiknya, kamu juga lebih banyak menggunakan uang tunai daripada kartu debit ataupun kredit saat bertransaksi di tempat liburan nanti. Dan jika merasa kekurangan uang, cobalah untuk bertransaksi menggunakan mesin ATM dari bank yang sudah bekerjasama dengan bank di negara asal.

5. Naik Transportasi Umum

Ini juga menjadi salah satu cara ampuh untuk menghemat pengeluaran selama liburan. Saat baru tiba di daerah tujuan, carilah transportasi umum yang aman, nyaman, dan terjangkau untuk kamu gunakan. Happy holiday, ya! (Ry)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here