Untuk mendapatkan kulit sehat dan mulus, kita tidak bisa hanya mengandalkan produk perawatan kulit bagian luar.

Tubuh kita juga perlu ditunjang dengan makanan sehat agar kulit terjaga kesehatannya dari dalam. Nah, berikut adalah 9 makanan yang bisa membuat kulit kita tetap sehat dan mulus.

1. Paprika Merah

Sebuah paprika mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap harinya lho! Selain itu, paprika juga mengandung banyak serat, vitamin B6 dan kaya akan karoten yang dapat mencegah keriput dan melancarkan peredaran darah ke kulit kita sehingga kita tampak lebih muda. O iya, karoten juga bisa melawan jerawat lho! Paprika merah bisa kita konsumsi secara mentah maupun diolah dalam masakan.

2. Dark Chocolate

Dark Chocolate kaya akan antioksidan, asam lemak, dan flavanols yang membuat kulit kita bercahaya. Antioksidannya juga membantu untuk memulihkan kulit yang kasar dan menjaga kulit dari kerusakan akibat matahari. Coklat juga bisa membuat arteri rileks sehingga peredaran darah lebih lancar. O iya, jika membeli coklat, pastikan kandingan coklatnya lebih dari 80% untuk mencegah gula dan susu berlebih ya?

3. Salmon

Salmon sangat baik untuk melawan stres, cemas, dan depresi. Salmon juga menyediakan vitamin D untuk tubuh kita, terutama untuk menjaga kesehatan hati, tulang, dan otak. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang dapat melawan peradangan, keriput, jerawat, dan mencegah kulit kita dari kekeringan.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurik yang berfungsi sebagai antibakteri dan antiviral yang dapat menjauhkan virus, infeksi, peradangan dan jerawat. Minyak kelapa juga kaya akan asam lemak esensial dan vitamin E untuk menjaga agar kulit tetap lembab, halus, dan kencang.

5. Bayam

Sayur hijau ini mengandung zat besi, folat, klorofil, magnesium, serat, protein, dan vitamin C, E dan A. Ketiga vitamin ini sangat baik untuk kulit. Bayam juga mengandung antioksidan yang dapat melawan berbagai masalah kulit. Dengan mengonsumsi bayam setiap hari, kita bisa membersihkan kulit dari luar dan dalam.

6. Biji-bijian

Biji-bijian yang bagus untuk kulit antara lain chia seeds, hemp seeds, biji bunga matahari, biji labu, dan flax seeds. Selain kaya akan protein, biji-bijian ini juga kaya akan selenium, vitamin E, dan magnesium. Kandungan tersebut bisa mencegah keriput dan jerawat, membuat kulit halus, serta meredakan stres. Cukup taburi di atas salad atau yogurt yang kita makan, dan rasakan manfaatnya.

7. Seledri

Seledri menganding vitamin K yang dapat melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah yang tinggi. Selain itu, seledri juga dapat mengurangi stres, di mana stres dapat menyebabkan kulit keriput, migrain, hingga kanker. Seledri juga mengandung sodium alami, potassium dan air sehingga mencegah kulit kering.

8. Pepaya

Buah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia ini mengandung nol kolesterol sehingga juga baik untuk diet. Antioksidan seperti vitamin C, E dan beta-karoten dapat mengurangi peradangan dan jerawat. Selain itu, vitamin C juga melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

9. Wortel

Tak hanya bagus untuk kesehatan mata, wortel juga bagus untuk kulit. Wortel mengandung vitamin A yang mencegah kelebihan produksi sel luar kulit, di mana kelebihan sebum dan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori. Vitamin A juga mengurangi resiko kanker kulit.

Jangan lupa, masukkan satu dari 9 makanan di atas ke dalam menu kita agar kulit tetap sehat dan mulus ya, girls! (Ry)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here