Kulit bersisik jelas mengganggu penampilan kamu. Kulit bersisik merupakan gejala yang tampak dari gangguan kulit kering.

Kondisi kulit tersebut memiliki istilah medis iktiosis. Penyebabnya bisa karena dua hal, faktor medis ataupun non medis. Seringnya kulit kering bersisik disebabkan oleh jenis kedua.

Terkena paparan lingkungan yang ekstrim semisal cuaca yang terlalu dingin, lingkungan yang kering, kelembapan yang rendah, dan paparan sinar matahari yang sering dan lama berimbas pada kemungkinan kulit bersisik.

Kebiasaan yang tidak tepat seperti keseringan mandi, mandi di air yang hangat atau panas, penggunaan sabun yang berlebihan saat mandi juga perlu ditinggalkan, karena turut memicu. Termasuk, penggunaan kosmetik yang tidak tepat.

Lantas pola makan yang salah seperti kurang minum dan gizi yang tidak seimbang. Terlebih sayuran dan buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral – bila pola makan jelek serta tak memiliki kandungan gizi yang cukup, maka kulit rentan kering.

Pada faktor medis, gangguan kulit bersisik terjadi karena beberapa alasan berikut:

1. Faktor Internal

Usia yang menua atau pertambahan usia, keturunan atau genetik, sifat kulit yang sensitif atau atopic skin. Dalam aspek genetik, keadaan bawaan seseorang dipengaruhi oleh orangtua atau anggota keluarga dekat yang lain. Jadi, bila ada orangtua kita yang mempunyai kulit kering atau sensitif, maka besar kemungkinan kita akan memiliki kulit kering atau sensitif.

2. Faktor Luar

– Penyebab medis yang mungkin berhubungan dengan penggunaan obat tertentu yang membuat kulit tampak kering (asam nikotinat, cimetidine, dan clofazimine).

– Penyakit kanker, terutama yang sedang dalam pengobatan, misalnya radiasi atau kemoterapi.

– Penyakit infeksi kronis seperti pada kusta atau HIV/AIDS.

– Penyakit di organ dalam misal gangguan tiroid, sarkoidosis, dan lain-lain. (Ry)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here