Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Indonesia. Ada banyak hal yang bisa kita temuin di Surabaya, termasuk komunitas sastra. Surabaya tuh punya banyak komunitas sastra, salah satunya adalah Kota Jancuk. Buat kamu yang belum terbiasa sama guyonan rusuh, nama komunitas ini mungkin terdengar cukup frontal.

Kota Jancuk dibentuk pada tahun 2013 dan bisa dibilang sebagai pelopor komunitas sastra di Surabaya loh, Yes People. Nama komunitas ini diambil dari kata-kata khas Surabaya yaitu “Jancuk”. Eits, jangan salah paham dulu ya. Buat kamu nih yang belum tau, kata “Jancuk” sendiri memiliki beragam arti, tergantung situasi, intonasi, topik pembicaraan, dan dengan siapa kita sedang berbicara. Kalau kamu ketemu teman lama dan kaget dengan penampilannya yang berubah drastis, maka kata Jancuk yang kamu ucapkan bisa bermakna, keget, terkesan atau terpesona, begitu Yes People. Selain nama yang unik, komunitas ini juga menjadi sarang penyair yang tulisannya sering berseliweran di media sosial seperti Penagenic, Akar Pena, Kopi Genit, dll.

Terus apa aja sih yang dilakukan komunitas ini? Kota Jancuk sebagai komunitas sastra banyak menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan seni dan sastra. Agenda dua bulanan yang rutin mereka adakan adalah pembacaan puisi bertajuk Malam Puisi Surabaya. Acara ini merupakan Malam Puisi keempat setelah Malam Puisi Bali, Malam Puisi Jakarta dan Malam Puisi Balikpapan. Puisi yang dibacakan di acara ini nggak harus karya original si pembaca. Acara Malam Puisi Surabaya juga banyak dihadiri oleh rekan-rekan dari Malam Puisi kota-kota lain seperti Malam Puisi Jember, Malam Puisi Bali, Malam Puisi Bandung, dll.

Selain pembacaan puisi, mereka juga sering membuat musikalisasi puisi. Selain itu mereka juga membuat project Cine-Poetry. Apa sih Cine-Poetry itu? Cine-Poetry adalah istilah yang dipakai untuk sebuah puisi yang difilmkan. Karya Cine-Poetry pertama Kota Jancuk adalah puisi berjudul Senja yang Lupa Kutulis karya Penagenic.

Buat kamu yang tertarik bergabung dengan komunitas keren ini, kalian bisa banget join, karena Kota Jancuk sangat terbuka dengan masuknya anggota baru.
(IM)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here