Sel-sel kulit kepala yang telah mati akan mengalami pengelupasan yang berlebihan bernama ketombe.

Ketombe sendiri merupakan hal yang dapat menganggu penampilan dan aktivitas. Tapi kamu tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi ketombe yang mudah dengan menggunakan berbagai bahan unik yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari.

Silahkan menyimak ulasan mengenai bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi ketombe sebagai berikut!

1. Baking Soda

Basuh rambut terlebih dulu menggunakan air, kemudian oleskan baking soda secukupnya pada rambut dan kulit kepala. Usap dengan lembut sambil sesekali dipijat. Diamkan sejenak, bilas dengan air tanpa menggunakan shampo. Baking soda dapat dimanfaatkan sebagai pengganti shampo. Namun, sebaiknya penggunaan baking soda hanya dilakukan selama masa pengobatan ketombe.

2. Obat Kumur

Caranya, cuci rambut terlebih dulu menggunakan shampo, bilas dengan air. Pada bilasan terakhir, gunakan obat kumur.

3. Aspirin

Hancurkan dua tablet aspirin hingga halus. Campurkan serbuk aspirin bersama shampo. Gunakan untuk keramas dan diamkan selama 1-2 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Ramuan Jeruk Nipis, Nanas, dan Santan

Untuk cara penggunaannya, ambil masing-masing 100 ml perasan jeruk nipis dan nanas, kemudian dicampur dengan 100 ml santan. Gunakan untuk membasuh rambut sambil sesekali dipijat secara merata pada kulit kepala. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

5. Sari Daun Pandan

Caranya, ambil beberapa lembar daun pandan, tumbuk hingga halus, dan ambil sarinya. Campur perasan daun pandan dengan segelas air. Oleskan merata pada rambut dan kulit kepala. Diamkan kurang lebih 15 menit, bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

Mudah bukan? Selain itu, faktor penting yang harus dilakukan demi menjaga rambut dan kulit kepala dari ketombe adalah dengan selalu menjaga kebersihan rambut. (Ry)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here