Home Event Kerajaan/Keraton Se-Nusantara Bentuk MAKN untuk Milenial

Kerajaan/Keraton Se-Nusantara Bentuk MAKN untuk Milenial

Indonesia selama ini dikenal sebagai negara yang kaya akan keindahan alam, adat, tradisi, dan budayanya. So, kamu harus bangga lho jadi warga di negeri ini!

Nah, kalau bicara kecantikan alamnya, jangan ditanyalah ya Indonesia yang makin dikenal dunia, terutama dengan Pulau Bali-nya yang mempesona. Selain itu, jangan lupakan kalau kita juga punya banyak kerajaan/keraton yang belakangan menjadi destinasi favorit kalangan milenial.

Di balik sejarahnya yang mempesona, siapa menyangka kalau kerajaan/keraton di Nusantara ini juga menjadi marwah (martabat, kehormatan, gengsi, kemuliaan, dan pangkat tinggi) budaya persatuan, Kebhinekaan Tunggal, dan potensi ekonomi untuk Indonesia maju.

Untuk itu, kamu generasi milenial diharapkan bisa melestarikan dan menjaga tradisi semua kerajaan/keraton di Indonesia. Ini juga sesuai dengan apa yang pernah diminta oleh Presiden Joko Widodo atau akrab dipanggil Jokowi agar senantiasa melestarikan adat dan budaya, termasuk adanya kerajaan/keraton.

Dunia pun mengakui akan keberadaan kerajaan/keraton di negeri ini. Kerajaan dan keraton se-Nusantara yang ada sejak jaman dulu, dengan kisah sejarah tentang kejayaan merupakan amanah dan marwah budaya adi luhung milik Indonesia.

Jokowi pada 4 Januari 2019, di Istana Negara Bogor mengatakan agar para Sultan, Raja, Pangeran, dan pemangku adat kerajaan/keraton Nusantara untuk terus menjaga, merawat, dan melestarikan warisan nilai-nilai budaya adi luhung Indonesia.

Menurut Jokowi saat itu, pihak kerajaan dan keraton se-Nusantara tidak boleh berhenti hanya pada membanggakan kejayaan masa lalu, tapi juga harus bisa menjadikan warisan nilai budaya para pendahulu kita sebagai modal budaya untuk menghadapi tantangan bangsa ini.

Mengingat, nilai-nilai budaya kerajaan/keraton yang adi luhung adalah bekal untuk melangkah maju dan penyemangat menghadapi persaingan global yang semakin sengit.

Dibentuk MAKN

Nah, agar kamu para milenial bisa tetap menjaga adat dan tradisi yang ada di kerajaan/keraton se-Nusantara, maka dibentuklah Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN), Selasa (6/8), di Denpasar Bali.

MAKN ini membawahi seluruh kerajaan dan keraton seluruh Indonesia, dan akan membenahi masa depan atau keberlangsungan kerajaan/keraton demi menjaga marwah budaya Indonesia dan ikut berpartisipasi untuk masa depan optimis Indonesia maju.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh Raja, Pangeran, dan Putri kerajaan/keraton se-Nusantara tersebut, terpilihlah YM. DR. KPH Eddy Wirabumi SH MH sebagai Ketua Umum (Ketum) MAKN, dan Hj. Ray. Yani WS Soekotjo Kuswodidjoyo sebagai Sekjen.

Perlu kamu tahu guys, di sini MAKN telah merumuskan 5 syarat utama untuk menghindari potensi kemunculan Raja atau Ratu yang mengaku-aku tanpa ada jejak dan sejarah kerajaannya. Untuk itu, ada rumusan penting yang harus dimiliki sebuah kerajaan dan keraton.

Pertama, ada atau memiliki istana, keraton atau puri. Lalu, ada Raja yang ditabalkan atau dinobatkan. Syarat ketiga ada dan memiliki silsilah turun temurun. Keempat, punya lambang pusaka atau ada situs kerajaan atau keratonnya, dan kelima ada masyarakat adatnya.

Kelima syarat itulah menjadi hal yang penting untuk menghindari kemunculan Raja, Pangeran atau Ratu yang abal-abal atau tidak valid. Kelima syarat penting itu akan menjadi dasar kuat sebuah kerajaan atau keraton yang mendukung Persatuan dan Kesatuan NKRI semakin kokoh.

Nah, adanya kerajaan/keraton di Indonesia inilah diharapkan bisa menjadi benteng budaya yang ikut bertanggung jawab mengajak seluruh masyarakat gotong royong membangun bangsa, termasuk kamu guys kalangan milenial untuk peduli pada budaya bangsa, khususnya pada kerajaan dan keraton di Indonesia.

Diarahkan untuk Milenial

Saat ini pun sudah mulai dilakukan hal-hal yang mengarah pada minat dan perhatian kalangan milenial seperti bidang digital, entrepreneur atau kewirausahaan yang semuanya merekatkan kepedulian pelestarian dan pengembangan budaya yang berkaitan dengan kerajaan atau keraton se-Nusantara.

Kerajaan/keraton merupakan akar budaya yang memiliki aset penting di dalamnya seperti tentang tradisi, pakaian, kuliner, hikayat cerita, sejarah seribu Raja, dan jalur rempah yang semua bisa digaungkan sesuai kondisi kekinian yang melibatkan milenial yang dekat dengan bidang teknologi digital atau start up (potensi ekonomi bisnis yang dijalankan dan dikembangkan kaum muda) tanpa mengabaikan kearifan lokal budaya setempat.

“Akan banyak program dan kegiatan yang kita lakukan dengan menggandeng atau mengajak semangat kalangan milenial. Nantinya, program atau kegiatan ini akan menggunakan teknologi digital seperti YouTube, media sosial, dan hal-hal atau kebiasaan yang dilakukan anak jaman now,” ujar Eddy Wirabumi.

Adanya keraton/kerajaan ini, lanjut Eddy, adalah pusat peradaban dari seluruh proses dan peralihan jaman. Bahkan, kerajaan dan keraton di negeri ini pun ikut berperan penting dalam hal kemerdekaan Indonesia.

Penulis: Ry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Kamu Perlu Tahu! Ini 6 Perlombaan 17 Agustus yang Seru dan Penuh Kebersamaan

Momen Agustus-an selalu ditunggu bangsa ini sebagai penanda bahwa kita sudah merdeka. Nah, sebagai penyemangat, kita pun selalu melihat, bahkan ikut serta dalam berbagai...

Unik dan Menarik, Ini 4 Tradisi Perayaan Kemerdekaan di Berbagai Daerah

Bulan Agustus jadi bulan yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Kenapa? Pasti kalian semua sudah pada tahu jawabannya! Ya, setiap bulan Agustus kita ngerayain kemerdekaan...

Nggak Usah Takut Dibilang Norak Pakai Outfit Nuansa Kemerdekaan

Sabtu, 17 Agustus hari ini Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-74 tahun. Tentu selain bersemangat, kita juga penasaran ya untuk menyiapkan outfit di hari...

HUT Ke-74 RI, Yuk Guys Intip 5 Fakta Unik Soal Proklamasi

Indonesia merdeka ditandai dengan pembacaan teks proklamasi oleh Presiden RI pertama, Soekarno. Tapi tahukah kamu, kalau saat itu sebenarnya Soekarno sedang sakit? Tak hanya itu,...

Kenalan Yuk dengan Valentina Sampaio, Model Transgender Pertama Victoria’s Secret

Nama Valentina Sampaio belakangan menarik perhatian netizen. Gara-garanya, sosoknya yang cantik dan seksi itu ternyata seorang transgender yang resmi direkrut oleh label pakaian dalam...