Home !Profil Kenalan Yuk dengan Penemu Minuman Menyehatkan Nasakombucha, Siapa Tahu Kamu Terinspirasi

Kenalan Yuk dengan Penemu Minuman Menyehatkan Nasakombucha, Siapa Tahu Kamu Terinspirasi

Di era milenial saat ini, banyak cara untuk membuka peluang usaha. Asal kita kreatif dan bisa membaca peluang, pundi-pundi keuntungan pun bisa diraih. Nah, salah satu contohnya adalah sosok bernama Yusti Aji Eka Nugraha, seorang mahasiswa Ilmu Politik Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur.

Cowok yang akrab disapa Aji atau Kang Villa ini membuka peluang usaha minuman menyehatkan bernama Nasakombucha. Minuman ini bercita rasa segar, kecut, dan mempunyai khasiat kesehatan. Yakni, bisa menurunkan tekanan darah dan membersihkan toksin dalam tubuh.

Usaha minuman menyehatkan ini pun bisa dinikmati semua kalangan, mulai dari kamu yang usianya masih kecil sampai dewasa. Nasakombucha mempunyai rasa yang cukup unik. Saat kamu meminumnya, mungkin rasanya seperti kamu minum Yakult.

Minuman yang biasa disebut dengan Kombucha ini merupakan minuman probiotic yang sebenarnya adalah fermentasi teh dan bakteri baik yang dinamakan jamur SCOBY (Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast), karena bakteri tersebut berbentuk seperti jamur.

Hmmm, tapi kan jamur itu biasanya beracun ya kawan? Tenang, bakteri di minuman ini menyerupai bentuk jamur. Manfaat utama dari Kombucha ini adalah sebagai pendetoks tubuh untuk mengeluarkan beberapa racun di dalam tubuh kamu.

Selain itu, Kombucha ini dapat meningkatkan antibodi, melancarkan pencernaan, dan menyembuhkan banyak penyakit. Sebut saja mulai dari penyakit ringan seperti jerawat, jamur, mengurangi sakit haid, menyembuhkan keputihan, maag, insomnia, asma, sampai penyakit berat seperti diabetes dan kanker.

Bahkan minuman ini bisa dipakai sebagai terapi untuk menyembuhkan HIV/AIDS! Banyak banget kan manfaatnya kawan? So, kita mulai pengen tahu nih kenapa Aji bisa kepikiran membuat minuman probiotic seperti Kombucha ini.

“Simpel, sih. Sebetulnya ingin merubah mindset bahwa fermentasi itu selalu konotasinya jelek, karena fermentasi ini selalu dikaitkan dengan minuman keras seperti alkohol dan segala yang beracun, karena fermentasi biasanya akan menimbulkan bakteri jahat. Dan, menurut saya bakteri ada yang jahat dan yang baik seperti layaknya jamur. Ada jamur yang beracun dan ada juga jamur yang menggantikan daging,” papar Aji.

Menurut Aji, membuat minuman ini membutuhkan waktu untuk mencampurkan fermentasi teh dengan bakteri scoby, hingga akhirnya terbuatlah Kombucha. Untuk kadar fermentasi, lanjut Aji, membutuhkan waktu seminggu.

“Kalau lebih dari seminggu tanpa masuk kulkas, dia akan semakin berfermentasi dan dapat menimbulkan alkohol, karena sifatnya seperti ragi. Cuman alkoholnya tidak lebih dari 5%,” ucap Aji.

Sementara soal pemilihan nama minumannya, Aji mengungkapkan kalau nama Nasakombucha itu berawal dari kesukaannya pada Soekarno, karena basic dirinya yang merupakan seorang mahasiswa Ilmu Politik yang diwajibkan untuk membaca banyak literasi dan menyukai sosok Presiden RI pertama tersebut.

“Saya sering baca bukunya yang tentang Nasakom, Nasamal yang pada saat itu Soekarno membuat narasi. Mungkin peruntungan Soekarno pada saat itu baik dan saya juga ingin mencoba peruntungan itu dan menggunakan kata Nasa dalam usaha saya mennjadi Nasakombucha,” tutur Aji.

Nasakombucha ini awalnya ia pasarkan dan perkenalkan di beberapa Coffee Shop di kota Malang, hingga akhirnya menyebar sampai ke kota Surabaya. Harapannya, minuman menyehatkan ini bisa ia pasarkan sampai ke tingkat nasional.

So, jangan lelah berusaha seperti sosok Aji ini ya kawan? Semoga, seorang Aji bisa menginspirasi kamu, bahwa dari hal kecil atau hobi bisa menjadi peluang usaha yang ke depannya bisa menjadikan masa depanmu cerah.

Penulis: @rahendraoik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Ngeri! Kekurangan Mineral, Tubuh Kamu Bisa Rusak dan Cepat Tua Lho!

Ada beberapa fakta penting mengenai mineral yang patut kita simak. Mineral diperlukan oleh tubuh kita, tentu sudah kita tahu. Namun, ternyata kekurangan mineral bisa...

Mau Nyaman Bekerja? Yuk, Intip 4 Tip Mendekorasi Ruangan Kerja Kamu

Tak dapat dipungkiri, kantor merupakan rumah kedua bagi kamu karyawan kantoran. Bahkan, sepertiga hidup kamu dihabiskan di kantor. Untuk bisa memberikan kenyamanan di dalam...

‘The Lion King’ Film Paling Laris Pekan Ini

'The Lion King' sukses melenggang ke puncak box office. Di pekan pertama tayang, film arahan sutradara Jon Favreau ini mampu mengantongi pendapatan hingga USD...

Dokter dan YouTuber Kece yang Memperdalam Ilmu Kedokteran Paling Susah

Nama perempuan cantik ini Yuletta Adny Ambarsari. Kalau kamu suatu saat bertemu dengan perempuan yang biasa disapa Sari ini, kesan yang kamu dapat pasti...

‘Stranger Things 3’ Jadi Serial Paling Banyak Ditonton di Netflix

Serial TV dari Amrik, 'Stranger Things' season 3 sukses memecahkan rekor sebagai serial paling banyak ditonton. Serial yang tayang di Netflix ini ditonton lebih...