Momen Agustus-an selalu ditunggu bangsa ini sebagai penanda bahwa kita sudah merdeka. Nah, sebagai penyemangat, kita pun selalu melihat, bahkan ikut serta dalam berbagai perlombaan yang unik, seru, dan pastinya menyenangkan setiap 17 Agustus.

Tak sekadar mengenang jasa para pahlawan, tapi perlombaan ini juga menumbuhkan kebersamaan dan semangat tersendiri di setiap pelosok daerah Indonesia. Nah, kira-kira lomba seru apa sajakah yang biasa ada setiap Hari Kemerdekaan RI? Yuk, simak ulasan berikut gengs!

1. Lomba Makan Kerupuk

Jenis lomba ini bisa dibilang ‘wajib’ ada dalam setiap ajang 17 Agustus-an. Kerupuk yang digantung ke seutas tali harus segera dihabiskan oleh peserta lomba yang matanya ditutup secarik tali. Kalau urusan makan seharusnya tidaklah sulit, kan? Yang makannya paling cepat dan kerupuknya habis, itulah pemenangnya!

2. Lomba Balap Karung

Seperti jenis permainan lainnya, lomba balap karung mengandalkan kecepatan. Siapa cepat larinya dari garis start ke garis finish, itulah pemenangnya. Yang mengundang penonton tersenyum adalah gerak locat–loncat peserta ke garis finishnya. Tapi ada beberapa peserta yang sampai terjatuh, justru itu adalah momen terlucu dari lomba ini.

3. Lomba Pecahkan Balon Berisi Air

Memukul balon yang digantungkan hingga pecah mungkin mudah. Tapi bagaimana kalau melakukannya dengan mata tertutup sambil pegang tongkat? Kalau tidak hati–hati bisa jadi rekan peserta lainnya yang bisa kena pukul. Ada jenis lainnya memukul bola dengan menggunakan jarum. Ya, boleh dibilang untuk jenis lomba ini cukuplah sulit. Ada momen yang bisa buat penonton tertawa saat pecahnya balon air yang ada di dalamnya bisa muncrat kemana–mana.

4. Lomba Perang Guling di Atas Air

Khusus untuk lomba ini pesertanya diharapkan harus bisa berenang, karena lomba ini adalah permainan yang dilakukan di atas bambu tapi dipasangkan di atas air/kolam, sungai, dan di atas air berlumpur. Setiap peserta akan dimodali satu guling yang sudah dibasahi. Aturannya, mereka harus saling memukul dengan guling tersebut, di mana peserta yang jatuh terlebih dulu itu adalah peserta yang kalah.

5. Lomba Mengambil Koin di Bola

Lomba ini sekilas terlihat mudah, tapi penuh dengan kelucuan. Jadi ada bola yang sudah dilubangi sedikit, terus ditancapi koin tetapi bola tersebut dibaluti semua dengan tepung, lalu digantung dengan seutas tali. Peserta harus mengambil koin itu dengan mulut dan tangan di belakang, dari situ wajah peserta akan clemotan dengan banyak tepung. Nah, inilah momen terlucunya gengs!

6. Lomba Memasukkan Pensil dalam Botol

Aturan lomba ini ada satu pensil diikatkan dengan tali, lalu diikatkan di pinggang peserta. Peserta harus memasukkan pensil itu dengan posisi jongkok, di mana ada peserta yang lebih dahulu memasukkan ke dalam botol, itulah pemenangnya!

Nah, seru kan gengs berbagai perlombaan 17 Agustus-an yang biasa kamu temukan di berbagai daerah Indonesia tersebut? Kamu pilih ikut yang mana nih gengs?

Penulis: Mita Dwi Aksayanti


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here