Home Community 'Kampoeng Dolanan' Mendekatkan yang Jauh Lewat Permainan Tradisional

‘Kampoeng Dolanan’ Mendekatkan yang Jauh Lewat Permainan Tradisional

Masa kecil selalu asyik untuk dikenang. Bagaimana tidak, di masa-masa inilah kita merasakan banyak keseruan bareng teman, dengan berbagai permainan yang menyenangkan. Ya, bermain di masa kanak-kanak menjadi sebuah kebutuhan sekaligus pembelajaran bagi mereka.

Adapun permainan yang kerap dilakukan bersama semasa kecil adalah permainan tradisional. Metode yang mudah dan alat yang sederhana membuat permainan tradisional menjadi pilihan untuk bermain. Banyak pula makna yang terkandung dalam tujuan permainan tersebut.

Setiap daerah, khususnya di Jawa Timur pun memiliki berbagai alat hingga metode permainan tradisional yang menarik. Meski di masa kini telah banyak permainan modern yang muncul, permainan tradisional saat ini mulai kembali mendapat perhatian di hati masyarakat, khususnya di Surabaya.

Adanya semangat yang tinggi untuk kembali melestarikan permainan tradisional itulah, maka lahir sebuah komunitas yang bernama ‘Kampoeng Dolanan’. Komunitas ini terbilang konsen lho untuk kembali menggerakkan berbagai permainan tradisional di tengah mainan modern dan gadget canggih.

“Lewat permainan tradisional menjadikan permainan tradisional tersebut sebagai tools pendidikan, baik pendidikan ekonomi, industri kreatif, pemberdayaan masyarakat, bisnis sosial, dan lain sebagainya, sehingga banyak yang dapat dilakukan pada permainan tradisional,” urai Ketua ‘Kampoeng Dolanan’, Mustofa Sam.

Didirikan sejak 13 Desember 2016, komunitas ini punya basement di kawasan Kenjeran, Surabaya. Komunitas ini dicetuskan untuk pertama kalinya oleh karang taruna di kawasan tersebut. Lalu, inovasi ini mendapat respon yang baik dari masyarakat hingga berkembang sampai saat ini.

Meski sempat merasa tak percaya diri, tapi dengan visi dan misi yang sejalan dan tujuan yang kuat, membuat ‘Kampoeng Dolanan’ tetap berjalan dan berkembang demi meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap permainan tradisional.

Melakukan Roadshow

Lewat berbagai macam metode permainan dan alat yang sederhana, ‘Kampoeng Dolanan’ mulai memperkenalkan permainan tradisional dengan roadshow ke berbagai sekolah di kota Surabaya dan sekitarnya.

Roadshow yang mereka lakukan itu untuk mengenalkan berbagai permainan tradisional dan kegiatan menarik lainnya pada anak-anak. Perlu kamu tahu gengs, komunitas ini sampai sekarang sudah punya anggota 300 orang lho!

Anggotanya terbagi dalam berberapa divisi yang saling terkait dan menunjang satu sama lain. Komunitas ini ingin banget bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan permainan tradisional, dan ingin menyampaikan setiap makna atau pesan yang terkandung di dalam tujuan permainan tradisional tersebut.

Kita akui saja, kebanyakan dari permainan modern membuat kita lupa dengan sekitar dan menjadikan waktu yang seharusnya berharga menjadi terbuang sia-sia. Komunitas ini setidaknya ingin membuat anak-anak jaman now sadar betapa mengasyikkan permainan jaman dulu kala.

Lihat saja permainan tradisional favorit anak-anak saat roadshow yang digelar komunitas ini. Misalnya, tarik tambang yang membutuhkan kekompakan, kerjasama tim, dan kesolidan yang kuat untuk bertahan, membuat seru dan menambah rasa kebersamaan yang asyik di kalangan anak-anak.

Lalu ada balap karung, di mana melibatkan kekompakan tim pada saat mendukung dan juga kehati-hatian dalam melangkah. Ya, tentu masih banyak permainan tradisional yang bisa dimainkan dengan teman-teman.

“Di dalam permainan tradisional itu melatih orang atau anak-anak untuk berinteraksi sosial secara langsung, bukan melalui perantara. Anak-anak akan tahu bagaimana berinteraksi, bagaimana melobi, di mana hal-hal itu yang tidak ada apabila melalui perantara” kata Mustofa lagi.

Nah, buat kalian yang tertarik untuk bergabung menjadi anggota ‘Kampoeng Dolanan’, kamu bisa langsung menghubungi akun media sosial mereka di Kampoeng Dolanan atau @kampoeng_dolanan. Dijamin seru dan mengedukasi lho gengs! (Els)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Psst, Ini 4 Tip Biar Kamu Tetap Cantik Saat Traveling

Traveling bukan berarti kamu terlihat berantakan. Tetap menjaga penampilan juga tidak ada salahnya meski kamu sedang traveling di alam bebas. Nah, berikut adalah tip...

Intip 3 Cara Sukses Seorang Miliarder yang Bisa Kamu Ikuti

Siapa yang tidak ingin hidup dan karirnya sukses, tentu semua orang menginginkannya bukan? Untuk itulah, bekerja dengan produktif adalah jawabannya. Namun, bekerja produktif bukanlah...

Eva Celia, Semakin Dewasa Makin Berbakat di Dunia Seni

Putri Sophia Müller dan Indra Lesmana, Eva Celia semakin beranjak dewasa. Di usianya yang ke-27 tahun, Eva makin menunjukkan bakatnya di dunia seni yang...

Congratz! Claudia Emmanuela Santoso Juara The Voice of Germany 2019

Pelajar asal Cirebon, Jawa Barat, Claudia Emmanuela Santoso sukses menjadi juara di ajang pencarian bakat The Voice of Germany 2019. Claudia berhasil menyisihkan empat...

‘Midway’ Tempati Posisi Puncak Box Office Pekan Ini

Film soal perang dunia ke-II, 'Midway' sukses menempati puncak box office pekan ini. Film garapan sutradara Roland Emmerich ini pun menggulingkan keperkasaan 'Terminator: Dark...