Home Community Kamera Analog Si Ribet dan Lawas yang Malah Jadi Buruan Milenial

Kamera Analog Si Ribet dan Lawas yang Malah Jadi Buruan Milenial

Di masa kini rasanya ada yang kurang kalau tidak membawa kamera. Ini karena foto sudah menjadi bagian dari gaya hidup para milenial, salah satunya karena pesatnya kebutuhan akan media sosial alias medsos.

So, kamera pun menjadi alat penting bagi semua kalangan, terutama para milenial untuk mengabadikan sebuah momen penting dan dibagi ke laman medsos mereka. Selain itu, pastinya kamera juga menjadi alat untuk menyalurkan hobi mereka yang suka difoto maupun memfoto.

Tak terkecuali kamu juga kan guys yang mungkin punya hobi fotografi? Akhirnya, medsos pun menjadi wadah buat kamu menyalurkan hasil-hasil fotomu yang kece. Nah, ngomongin kamera nih, biasanya kita sering temui kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) yang mempunyai banyak fitur canggih.

Dengan menggunakan kamera ini, kamu bisa dengan mudah dan instan untuk mengambil momen-momen penting. Alhasil, era digital semakin mempengaruhi munculnya teknologi baru yang kamu butuhkan dan menyajikan banyak pilihan.

Nah, setelah maraknya DSLR, beberapa tahun belakangan ini para milenial banyak yang melirik kecanggihan kamera yang ada di smartphone. Kamera yang ditawarkan juga terbilang canggih, bahkan hampir menyerupai DSLR.

Kini, tren tersebut mulai bergeser ke pemakaian kamera film/analog. Yup, kamera analog ini merupakan cikal bakal munculnya DSLR. Namun kamera analog ini sangat berbeda dengan DSLR, cara memakai kamera ini mungkin sangat ribet untuk para pemula.

Kamera ini menggunakan roll film untuk menghasilkan sebuah foto. Dan jika selesai memotret, kita harus menunggu kurang lebih 5 hari untuk bisa melihat hasil foto ini karena roll film yang kita pakai tadi akan melewati proses pencucian film terlebih dulu.

Meski begitu, ada sebagian orang yang masih rindu dengan proses ruwet nan lawas dari kamera analog. Uniknya, kamera lawas ini malah menjadi buruan sekaligus hobi baru bagi para penggemar fotografi di era milenial.

So, dari kamera lawas ini kita bisa belajar untuk berpikir dan menduga-duga hasil foto yang telah kita potret nantinya. Di setiap roll film kita bisa mengambil gambar sebanyak 26 atau 36 kali, tergantung dari kapasitas roll fim itu.

Nah, seru kan? Dari kamera analog kita bisa belajar untuk teliti sebelum menggambil gambar. Jika kita ingin menghasilkan gambar yang bagus pada satu roll film, kita harus memotret pada momen-momen yang pas, dan juga harus paham pengaturan kameranya.

Di Indonesia sendiri terbilang banyak penggemar fotografi yang mencoba kamera lawas ini. Hal itu salah satunya bisa kita temukan di Instagram, dengan hastag #indo35mm. Di sana, banyak kumpulan foto menggunakan kamera film.

Tak hanya itu, komunitas pecinta kamera analog juga sudah ada, salah satunya komunitas @berAnalogi. Ya, kamera film mengajarkan kita untuk lebih menghargai proses dan karya foto. So, bagaimana nih guys, apakah kamu berminat untuk mencobanya?

Penulis: @maulanadndy_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Hey, Ladies! Ini 6 Rahasia Agar Mata Kamu Terlihat Cantik

Untuk tampil menarik dan cantik, jangan lupakan bagian mata ya, Ladies? Nggak asik dong ya kalau kita mau kencan, tapi mata kita malah sebam...

Kolaborasi Kece Ariana-Miley-Lana Del Rey di ‘Don’t Call Me Angel’

Video musik kolaborasi Ariana Grande, Miley Cyrus, dan Lana Del Rey bertajuk 'Don't Call Me Angel' resmi dirilis. Di akun YouTube Ariana, video ini...

Mau Liburan Menyenangkan Tapi Tetap Hemat? Yuk, Intip 5 Trik Ini Gengs!

Akhir pekan kembali datang. Buat kamu yang mau berlibur, tahu nggak, kalau liburan itu nggak harus mahal lho! Ya, liburan dengan bajet rendah bisa...

‘Kampoeng Dolanan’ Mendekatkan yang Jauh Lewat Permainan Tradisional

Masa kecil selalu asyik untuk dikenang. Bagaimana tidak, di masa-masa inilah kita merasakan banyak keseruan bareng teman, dengan berbagai permainan yang menyenangkan. Ya, bermain...

Kamu Insomnia? Cobain 4 Trik Ini Agar Tidur Malam Kamu Nyenyak

Setelah beraktivitas sepanjang hari, kamu pastinya ingin segera mengistirahatkan badanmu. Nah, pastinya kenyamanan saat tidur menjadi faktor yang penting. Buat kamu yang sulit tidur di...