Home !Q&A Jangan Asal Lezat, Perhatikan 6 Tip Berbuka Puasa yang Sehat Ini Ya!

Jangan Asal Lezat, Perhatikan 6 Tip Berbuka Puasa yang Sehat Ini Ya!

Menjaga kesehatan selama puasa sangatlah penting ya guys? Apalagi selama bulan puasa, beraneka jajanan lezat bertebaran di mana-mana. Godaan untuk tidak membelinya pun tentu sangatlah berat.

Kira-kira, kamu bakal memilih yang mana untuk menu berbuka sore nanti? Jangan asal beli ya, ini simak dulu tip berbuka puasa dengan yang sehat!

1. Awali dengan yang Manis

Alih-alih langsung menyambar gorengan, awali ritual berbuka puasa dengan menyantap minuman dan makanan manis. Pasalnya, setelah berpuasa seharian, cairan tubuh dan kadar gula darah akan menurun di sore hari. Untuk memulihkan kondisi tubuh, kamu perlu mengonsumsi minuman dan makanan manis yang mudah dicerna alias mengandung karbohidrat sederhana seperti teh manis, jus, cendol, kurma, dan kue bercita rasa manis.

2. Ambil Porsi Kecil

Menahan lapar dan haus seharian akan mengakibatkan saluran pencernaan kamu mengalami kekosongan selama 12-14 jam. Jika ingin mengisinya kembali, lakukan secara perlahan-lahan untuk menghindari regangan lambung secara tiba-tiba. Karenanya, ambil hidangan berbuka dalam porsi kecil dan santaplah sedikit demi sedikit. Selain baik untuk menghidanri sakit perut, menyantap makanan dalam porsi kecil juga berguna untuk menghindari asupan kalori terlalu banyak dalam sekali santap.

3. Goreng Sendiri

Ingin menikmati gorengan untuk berbuka? Boleh-boleh saja. Tapi untuk mengurangi asupan lemak trans yang terlalu banyak, ada baiknya bila kamu membuat gorengan sendiri ketimbang membelinya dari penjaja di pinggir jalan. Dengan menggoreng sendiri, kamu bisa memastikan bahwa minyak yang digunakan adalah minyak bersih dan bukannya minyak yang sudah dipakai berulangkali. Kamu juga bisa memilih sayuran seperti terung, bayam, dan wortel untuk dijadikan gorengan. Sama-sama lezat, tapi lebih bermanfaat bagi tubuh kita bukan?

4. Jangan Abaikan Rasa Kenyang

Dibandingkan pada hari-hari lainnya, saat berpuasa, perut akan lebih cepat terasa penuh meski baru sedikit diisi makanan. Untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan sekaligus berat badan ideal, jangan abaikan sinyal kenyang tersebut untuk menuruti nafsu melahap ludes semua makanan di atas meja. Dengan demikian, kamu tidak akan menjadi salah seorang diantara mereka yang justru mengalami kenaikan berat badan selama menjalani ibadah puasa.

5. Bakar Kalori Sebelum Makan

Siapa bilang ritual puasa harus menghalangi rutinitas berolahraga? Begitu tubuh sudah mulai beradaptasi dengan jadwal makan baru di bulan puasa, kamu tidak akan mendapati masalah untuk melakukan berbagai aktivitas fisik seperti biasa, termasuk berolahraga. Idealnya, lakukan olahraga beberapa jam sebelum waktu berbuka puasa, sehingga cairan tubuh yang hilang akan bisa segera tergantikan. Dengan membakar kalori sebelum makan, kamu pun tidak perlu merasa terlalu bersalah ketika menikmati hidangan berbuka puasa yang menggugah selera. Bukan hanya itu, aktivitas fisik juga berguna menekan produksi hormon yang mengakibatkan nafsu makan berlebihan.

6. Pilih Salah Satu

Jika sudah mengincar minuman ‘kelas berat’ untuk berbuka seperti kolak, cendol, dan es teler untuk berbuka puasa, hindari menyandingkannya dengan makanan berkalori tinggi seperti kue lapis, kue coklat, dan sejenisnya. Lebih baik kamu memilih edamame rebus, rujak dengan sambal tidak pedas, atau tahu kukus isi sayuran yang mengandung kalori dalam jumlah sedang serta kaya kandungan zat gizi lain seperti protein, serat, dan vitamin. Sebaliknya, bila kamu ingin menyantap makanan berkalori tinggi, imbangi dengan menikmati minuman bercita rasa ringan seperti infused water (air yang dicampur potongan buah sebagai perasa), teh tanpa gula, ataupun air jahe hangat.

Penulis: @ary.nug

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Billie Eilish, Musisi Muda Sukses Meski Dinilai Aneh

Sosok musisi muda asal California Amrik, Billie Eilish mulai mencuri perhatian pecinta musik dunia sejak pertengahan 2018. Kala itu di bulan Oktober 2018, lagunya...

Ketimbang Gabut, Yuk Jalani 3 Ide Seru Berbisnis di Bulan Puasa

Bulan puasa yang masih berjalan ini banyak memberikan keberkahan buat kamu tak hanya soal pahala, tapi juga kesempatan untuk mendulang rejeki. Meskipun uang jajanmu...

3 Cara Agar Gigi dan Mulut Kamu Sehat Selama Puasa

Gimana guys puasanya? Masih pada lancar kan? Nah, puasa kaitannya erat sekali dengan kesehatan gigi dan mulut kamu. Kita tahu, kalau kesehatan gigi dan...

Kepoin Yuk, 3 Lokasi Bukber Seru dan Asyik di Kota Surabaya

Ajang bukber selalu menarik setiap Ramadan tiba. Selain mempererat tali silaturahmi dengan keluarga dan teman-teman, pastinya ajang ini juga menyenangkan, seru, dan nggak bikin...

Para Mainan Kembali Beraksi dalam Trailer ‘Toy Story 4’

Pixar dan Walt Disney Pictures baru saja merilis trailer film 'Toy Story 4'. Ini menjadi menarik, karena setelah 24 tahun film pertamanya tayang, akhirnya...