Traveling. Yup ini merupakan bisnis yang hingga kini masih diminati dan memiliki peluang yang masih sangat menjanjikan. Why ?? sebab selama masih ada manusia dimuka bumi ini bisnis travel tidak akan penah punah dimakan Jaman. Bahkan sejak jaman dahulu kala traveling menjadi agenda rutin bagi para saudagar kaya di Arab untuk mencari komoditi yang dapat diperdagangkan. Dimasa kekinian, Traveling-pun masih menjadi bisnis yang mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak kecil. Dan siapa yang sangka. Ternyata, berjalan-jalan juga dianjurkan dengan berbagai alasan yang dipercaya mampu mengubah cara pandang seseorang dalam berpikir dan melihat dunia.

Back to the point. Memang kita harus mengakui , Bisnis traveling di Indonesia memang pasang surut terlebih bila kita melirik bisnis traveling Haji dan Umroh, akibat banyaknya biro travel abal-abal dan nakal kini masyarakat mulai antipati dan berhati-hati dengan biro perjalanan haji dan umroh alhasils para pelaku bisnis travel haji dan umroh sedikit kesulitan dalam menjalankan usaha mereka. Sehingga perlu strategi-strategi pemasaran yang unik serta kinerja yang professional agar bisnis travel mereka kembali bergeliat.

Alasan lain mengapa bisnis traveling ini masih menjadi salah satu primadona bagi para pengusaha muda adalah bisnis travel ini dapat dibilang tidak memerlukan modal yang relatif besar. Sebab dalam menjalankan bisnis travel, biasanya para calon pelanggan kita akan membayarkan uang saat akan menggunakan jasa travel kita dalam rencana perjalanan mereka. Dengan uang tersebut kita selaku pemilik bisnis travel bisa memesan tiket transportasi dan akomodasi lainnya. Dengan begitu, kita punya jaminan bahwa pelanggan kita sudah berkomitmen untuk benar-benar akan melakukan perjalanan dan tidak akan bisa melakukan pembatalan.

Selain minim modal, bisnis travel juga dapat dilakukan dimana saja, sepanjang ada internet dan gadget yang dapat kita operasikan, kita sudah dapat memulai mempromosikan dan menjalan bisnis travel.
Kini dengan kemajuan teknologi, hampir semua orang sudah menggantungkan informasi pada teknologi. Apa yang terpapar di layar gadget, kita sudah bisa mencari beragam informasi dan pengetahuan yang kita butuhkan. Dan ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis travel. Kemudahan teknologi yang menyebarkan informasi secara cepat dan luas memudahkan kita memasang informasi di internet dari mana saja. Bisnis yang berorientasi kepada teknologi seperti ini tentu akan lebih gampang untuk dievaluasi, dan dengan begitu kita pun bisa lebih paham dengan pangsa pasar yang akan kita tuju. Mengingat generasi milenial sekarang sudah sangat akrab dengan teknologi dan bagaimana menggunakannya.

Then How to start ?? Untuk memulai bisnis travel hal pertama yang perlu kita tentukan adalah Treveling yang seperti apa yang akan kita tawarkan kepada customer ?? Trevel religi seperti haji dan umroh atau travel wisata atau hanya sekedar pemesanan tiket kereta, bus dan pesawat atau hanya jasa peresewaan kendaraan ?? tentu itu tergantung interest kita masing-masing. Yang pasti bisnis travel kita harus jelas dan lugas. Hal lain yang perlu kita buat dalam menjalankan semua bisnis adalah Make a Name. tanpa identitas tentu semua usaha tidak akan dikenal olah masyarakat bukan. Karena itu memilih nama untuk identitas travel kita juga tidak sembarangan. Usahakan dalam membuat nama untuk bisnis travel harus jelas, singkat dan mudah diingat oleh banyak orang.

Kalo udah punya identitas tentu kita perlu memperkenalkan Travel kita kepada masyarakat. Untuk promosi awal kita bisa membuat kartu nama atau flayer yang dapat kita bagikan kepada relasi dan keluarga kita atau kita pun dapat mengenalkan bisnis travel kita melalui jejaring sosial . Eits hampir lupa. Setelah membuat identitas bisnis travel, kita juga perlu melegalkan usaha ini kepada pihak berwenang agar dalam menjalankan usaha tersebut kita tidak terkena kartu merah dari dinas-dinas terkait. Setelah seluruh ijin kita kantangi maka kita dapat menjalankan usaha ini dengan tenang tanpa khawatir ditutup ditengah jalan. Hal lain yang tak kalah penting adalah membuat paket wisata dan destinasi perjalanan yang unik serta berkesan bagi calon pelanggan yang tentunya dikemas dengan kinerja yang jujur dan professional. (DID)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here