Home !Lifestyle Intip Yuk, Tradisi Lebaran Unik di Berbagai Negara Ini Gengs!

Intip Yuk, Tradisi Lebaran Unik di Berbagai Negara Ini Gengs!

Nuansa Lebaran masih terasa di mana-mana. Tak hanya di Indonesia, bahkan di berbagai negara, suasana perayaan Idul Fitri masih cukup hangat.

Kalau di Indonesia perayaan Lebaran ditandai dengan tradisi mudik untuk bisa kumpul bersama keluarga, beli baju baru, memasak, dan membuat kue, bagaimana ya dengan tradisi Hari Raya di negara lain?

Yuk, intip tradisi perayaan Lebaran unik di berbagai negara ini gengs!

Iran

Tak semua orang muslim di negara ini sangat antusias menyambut Lebaran. Setidaknya muslim aliran Syiah-lah yang sering merayakan, meski hal ini tak semeriah yang dilakukan di Indonesia, karena hanya bersifat personal. Acara biasa diawali dengan shalat Ied, lalu dilanjut silaturahmi ke keluarga, makan-makan, dan bagi-bagi uang adalah hal yang paling sering dilakukan.

Suriname

Kentalnya budaya Jawa di negara ini, berpengaruh pada hampir semua budaya Suriname. Satu diantaranya saat mereka menetapkan hari Lebaran yang masih menggunakan perhitungan Primbon Jawa, warisan nenek moyang mereka.

Arab Saudi

Memperbaiki rumah adalah kegiatan paling sering dilakukan masyarakat Arab Saudi jelang Lebaran. Memberi hadiah dan uang adalah kegiatan yang sering dilakukan dalam perayaan Idul Fitri. Hal ini sembari bersilaturahmi dan bersantap bersama masakan olahan daging domba, nasi, dan sayuran khas setelah shalat Ied.

Turki

Lebaran di Turki biasa dikenal dengan istilah Bayra. Memakai baju baru dan bersilaturahmi selama tiga hari berturut-turut adalah kegiatan yang umum dilakukan. Di Turki juga dikenal budaya ‘sungkeman’, di mana orangtua memberi doa Lebaran sembari memberi doa Lebaran untuk anak muda.

Nigeria

Ramadan di Nigeria biasa dikenal dengan saling memberi ucapan ‘Barka da Sallah’, atau dalam budaya setempat diistilahkan ‘Salam Sejahtera di Hari Raya’. Budaya mudik di kampung halaman juga kerap dilakukan setiap tahunnya.

China

Meski Islam menjadi agama minoritas di China, tapi sebagian masyarakat setempat juga memiliki tradisi unik di setiap Lebaran. Diantaranya mengenakan jas khas dan kopiah putih. Sementara para perempuannya memakai kerudung dan baju hangat. Mereka bersilaturahmi satu dengan yang lain sembari merayakan Lebaran setelah shalat Ied.

Afrika Selatan

Di Afrika Selatan, perayaan Lebaran sering dilakukan di Green Point, Cape Town. Di mana, banyak warga muslim berkumpul dan menyambut hari terakhir puasa (berbuka puasa bersama) guna menyambut Hari Raya.

Penulis: @ary.nug

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Kesal dengan Jerawat? Yuk, Cegah dengan 5 Makanan Sehat Ini, Ladies!

Ketika masa pubertas datang, inilah saatnya anak-anak remaja diributkan dengan masalah jerawat. Padahal, jerawat adalah hal yang normal. Tetapi jika jerawat masih saja muncul...

Kepoin Yuk, 3 Situs Belanja Online Produk Makeup yang Lengkap dan Oke Ini

Belanja online makeup saat ini sudah menjadi tren. Selain meringkas waktu, kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah ketimbang beli di mall atau...

Psst! Ini 6 Trik Jitu Menarik Perhatian Cowok di Dunia Maya

Buat kamu yang masih jomblo, nggak perlu sedih ya? Sebab, banyak jalan lho untuk bisa berjumpa dengan jodohmu. Salah satunya lewat dunia maya. Ya,...

‘Anna’, Si Pembunuh Cantik yang Layak Kamu Tonton di Bulan Ini

Satu lagi nih film yang layak kamu tonton di bulan Juni ini gengs. 'Anna', film genre crime, action, thriller ini merupakan garapan sutradara Luc...

Kisah Pencarian Kekuatan Magis Elsa dalam Trailer ‘Frozen 2’

Petualangan Elsa, Anna, Kristoff, dan sang rusa dalam film 'Frozen' dipastikan bakal berlanjut. Trailer dari sekuel film tersebut telah dirilis pihak Walt Disney Pictures...