Home !Q&A Ini Cara Aman Memilih Produk Pemutih yang Sesuai untuk Perawatan Kulitmu

Ini Cara Aman Memilih Produk Pemutih yang Sesuai untuk Perawatan Kulitmu

Berbagai cara kerap kita lakukan untuk mendapatkan kulit putih, termasuk pakai produk pemutih. Tapi, bagaimana dampaknya bagi kesehatan kulit? Produk perawatan kulit yang mengandung khasiat mencerahkan kulit memang selalu diburu kaum Hawa di Tanah Air.

Karena selama ini, cantik didefinisikan dengan kulit yang putih. Oleh karenanya, produsen perawatan kulit berlomba-lomba berinovasi dan menciptakan produk yang mampu membuat kulit tampak lebih putih. Bahkan, banyak produsen yang memasarkan produk pemutih yang bahan dasarnya diragukan.

Memang, produk pemutih bisa menyulap wajah kita jadi lebih cerah secara instan, tapi apakah ini tak berdampak begatif pada kesehatan kita? Oleh karena itu, kita harus cermat dalam memilih produk yang tepat dan sesuai untuk merawat kulit.

Cara paling aman adalah dengan memilih produk yang terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Namun berhati-hatilah, kadang produsen yang tak bertanggung jawab suka memalsukan nomor registrasinya, bahkan asal mencantumkan.

Jadi, biasakan melakukan pengecekan nomor tersebut di website resmi BPOM, yaitu www.pom.go.id. Selain itu, kamu bisa simak 4 tip bijak memilih produk pemutih berikut.

1. Pakai Produk Terpercaya

Daripada ragu mencoba produk perawatan kulit yang tak jelas, alangkah baiknya beli produk dengan merek terpercaya yang telah didistribusi secara resmi di Indonesia. Cara ini tentu saja untuk mencegah kita terjebak dengan produk tiruan. Membeli di toko resmi juga cara yang bijak. Jangan pula termakan produk berlabel ‘racikan dokter’. Sebab, produk perawatan racikan dokter hanya boleh digunakan di bawah pengawasan dokter yang meresepkan. Apalagi, kondisi kulit setiap pasien berbeda.

2. Instan Belum Tentu Baik

Waspadailah produk pemutih jika memberikan hasil putih secara instan. Formula pemutih yang aman biasanya bekerja kurang lebih 28 hari sampai 1 bulan. Jika kurang dari waktu di atas tapi kulit langsung berubah jadi putih dan flek hitam langsung hilang, artinya kita pantas mencurigai produk tersebut. Bisa jadi produk pemutih yang bersangkutan mengandung merkuri. Merkuri alias raksa memang bisa bikin kulit putih dan menghilangkan noda jerawat dalam sekejap, tapi jika pemakaian dihentikan, akan memberi efek rebound seperti kulit bertambah kusam dan flek yang tadinya bersih akan tambah parah. Jika terus digunakan dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti gagal ginjal dan kanker kulit. Benar-benar sangat berbahaya.

3. Bersyukur dan Percaya Diri

Mari ubah pola pikir yang beranggapan cantik adalah berkulit putih. Berbahagialah jika kita memiliki kulit bersih, sehat, dan tidak kusam. Hal ini lebih berharga. Lihatlah ada banyak figur perempuan cantik dan berprestasi yang berkulit gelap. Sebut saja, Jessica Alba, Rihanna, Lupita Nyong’o, Anggun, dan seleb ternama lainnya. Tahukah kamu, bahwa memiliki kulit gelap juga banyak punya keuntungan. Seperti tak mudah terbakar ketika di bawah matahari dan tak rentan terhadap kanker kulit.

4. Perhatikan Komposisi

Beberapa produk pemutih biasanya mengandung hydroquinone. Bahan kimia yang dapat mematikan melanocytes, sel yang berfungsi menghasilkan melanin, zat yang memberi warna gelap di kulit. Mmeang kulit bisa tampak lebih putih, tapi zat ini sebetulnya berbahaya. Di luar negeri, hydroquinone masih diperbolehkan dengan takaran tak lebih dari 2% pada produk konsumen dan 4% pada obat racikan dokter. Penggunaannya pun paling lama 6 bulan. Karena jika dikonsumsi dalam jangka panjang, hydroquinone bisa menyebabkan iritasi, sensasi terbakar, dan lain-lain. Jadi, telitilah label kemasan produk pemutih sebelum dibeli. Pilih kandungan alami yang lebih bersahabat dengan kulit. Salah satunya golongan isoflavon. Zat yang bekerja menghambat enzim tirosinase, yaitu protein yang dibutuhkan untuk pembentukan pigmen melanin.

Penulis: @ary.nug

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Ngeri! Kekurangan Mineral, Tubuh Kamu Bisa Rusak dan Cepat Tua Lho!

Ada beberapa fakta penting mengenai mineral yang patut kita simak. Mineral diperlukan oleh tubuh kita, tentu sudah kita tahu. Namun, ternyata kekurangan mineral bisa...

Mau Nyaman Bekerja? Yuk, Intip 4 Tip Mendekorasi Ruangan Kerja Kamu

Tak dapat dipungkiri, kantor merupakan rumah kedua bagi kamu karyawan kantoran. Bahkan, sepertiga hidup kamu dihabiskan di kantor. Untuk bisa memberikan kenyamanan di dalam...

‘The Lion King’ Film Paling Laris Pekan Ini

'The Lion King' sukses melenggang ke puncak box office. Di pekan pertama tayang, film arahan sutradara Jon Favreau ini mampu mengantongi pendapatan hingga USD...

Dokter dan YouTuber Kece yang Memperdalam Ilmu Kedokteran Paling Susah

Nama perempuan cantik ini Yuletta Adny Ambarsari. Kalau kamu suatu saat bertemu dengan perempuan yang biasa disapa Sari ini, kesan yang kamu dapat pasti...

‘Stranger Things 3’ Jadi Serial Paling Banyak Ditonton di Netflix

Serial TV dari Amrik, 'Stranger Things' season 3 sukses memecahkan rekor sebagai serial paling banyak ditonton. Serial yang tayang di Netflix ini ditonton lebih...