Siapa sih sekarang yang sudah bisa ninggalin kebiasaan main ponsel di malam hari, sebelum tidur? Kebiasaan ini terbilang sering dilakukan semua orang, tak terkecuali kamu kan?

Tak dipungkiri, selalu ada saja hasrat ingin membuka ponsel sebelum tidur, entah ingin chattingan dengan kerabat, browsing, serta scroll-scroll media sosial.

Kalian perlu tahu nih, kalau kebiasaan main ponsel sebelum tidur itu ternyata punya banyak resiko dan berbahaya untuk kesehatan kalian lho!

Khususnya pada tingkat kandungan melatonin (hormone otak) manusia. Tingkat kandungan melatonin manusia yang rendah menyebabkan rentan dengan segala jenis penyakit. Kelelahan otak, kerusakan mata, obesitas, depresi, serta penyakit kanker.

Ternyata terlalu sering main ponsel sebelum tidur juga bisa menyebabkan jerawatan. Beberapa pakar kesehatan mengatakan, bahwa bakteri yang menempel di ponsel lebih banyak ketimbang bakteri yang ada di toilet.

Kalau kalian menggunakan ponsel untuk menelepon dengan waktu lama, hal ini akan menimbulkan jerawat pada kulit wajah yang bersentuhan langsung dengan ponsel.

Selain itu, jerawat bisa saja muncul karena gangguan endokrin dalam tubuh yang disebabkan karena waktu tidur berkurang.

Jadi buat kalian, khususnya cewek nih, yang selalu bingung dengan jerawat, harus hati-hati dan perlu mengurangi kebiasaan ini.

Sebab, bisa saja jerawat yang muncul itu merupakan salah satu penyebab dari kebiasaan kamu bermain ponsel di malam hari. So yuk, kalau mau sehat dan nggak mau muka jerawatan, mulai kurang-kurangin deh ya main ponsel sebelum tidur.

Penulis: Revina Tista


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here