Home !Q&A Habis Putus Cinta? Nggak Usah Sedih, Ini Tip 7 Hari Sembuhkan Patah...

Habis Putus Cinta? Nggak Usah Sedih, Ini Tip 7 Hari Sembuhkan Patah Hati

Bisa dibilang, menyembuhkan patah hati adalah hal tersulit untuk dilakukan. Yang ingin kita lakukan hanyalah menghabiskan waktu untuk menyendiri di dalam kamar.

Namun, memang dibutuhkan komitmen dari dalam diri untuk menjalani proses penyembuhan hati, supaya kita lebih mudah move on.

Percaya deh, meski berat, ketika kita berhasil melakukan ini, hati akan terasa lebih lega dan kita siap ‘bersinar’ kembali. Yuk, coba tip 7 hari sembuhkan patah hati berikut ini.

Hari pertama: Menangis sepuasnya

Ini saatnya mengeluarkan semua kesedihan dan kekesalan di hati. Menangislah sepuasnya sampai kita merasa air mata sudah kering. Akan sulit menyembuhkan patah hati, jika masih ada rasa yang mengganjal di dalam diri. Jadi siapkan satu boks tissue, ambil cuti kerja, dan silakan bersedih hati seharian. Apalagi, sebenarnya menangis adalah cara alami tubuh dalam mengatasi perasaan yang tidak diinginkan seperti rasa sedih, tertekan, atau takut. Bahkan hasil penelitian menunjukkan, bahwa menangis bisa menjadi terapi bagi tubuh. Pasalnya, air mata dapat membersihkan racun dari dalam tubuh, karena air mata yang keluar disebabkan faktor emosional, seperti kesedihan memiliki kandungan zat yang lebih beracun daripada air mata yang disebabkan iritasi.

Hari kedua: Buat breakup journal

Menulis adalah salah satu obat paling ampuh untuk menyembuhkan patah hati. Di hari kedua, mulailah membuat sebuah jurnal patah hati, tuliskan semua perasaan kita sampai kita merasa lebih baik. Bisa jadi kita akan merasa membaik di hari ke-8 atau bisa juga di hari ke-108, kapanpun itu cobalah untuk tetap menulis setiap hari, sampai kita merasa tak lagi perlu menuliskan apapun. Enggak ada yang akan membaca jurnal ini kok, jadi kita bisa menuliskan semua perasaan kita dengan sangat bebas. Tulis apa yang kita rasakan di hari itu, bagaimana bedanya dengan hari kemarin, perasan seperti apa yang kita harapkan di hari esok, dan berbagai hal lain yang ingin dituangkan ke dalam jurnal.

Hari ketiga: Buat daftar

Saat ini, otak kita biasanya akan mulai mengingat setiap kenangan satu per satu, baik itu kenangan yang menyenangkan atau kenangan buruk. Coba ingat kembali, kapan pertama kali si dia melakukan kesalahan dan membuat kita marah, lalu tuliskan. Selanjutnya, ingat kembali satu per satu setiap kesalahan yang pernah dilakukannya dan tuliskan semua dalam daftar. Tulis semua kebiasaan buruknya yang menurut kita mengganggu. Intinya pikirkan dengan serius semua kesalahan dan kelakuannya yang menurut kita menyebalkan, sampai setidaknya kita bisa membuat daftar minimal satu halaman. Setelah itu, tempelkan di satu tempat dan bacalah setiap hari ketika bangun tidur dan aakan tidur, terutama ketika kita sangat ingin menghubunginya kembali.

Hari keempat: Temukan hobi baru

Temukan hal baru yang menyenangkan yang bisa mengalihkan pikiran kita. Misalnya saja yoga, olah tubuh ini mampu membuat pikiran kita lebih tenang. Tapi, tak harus itu kok. Kita bisa memilih sesuka hati, entah itu belajar bahasa asing, belajar makeup, atau berkebun. Hobi baru ini nantinya akan memberi kita kesibukan, hingga tidak sempat lagi untuk mengingat mantan kekasih. Jadi hobi baru ini memang seutuhnya untuk kesenangan diri kita, setelah menikmatinya, rasakan deh betapa ajaibnya kesibukan kita mampu membuat kita merasa lebih baik.

Hari kelima: Mulai mencintai diri sendiri

Setelah lelah menangisi kepergiannya, kita harus mulai untuk mencintai diri sendiri lagi. Saatnya melakukan berbagai perawatan diri seperti manicure pedicure, hair spa, luluran, atau spa untuk memanjakan diri. Malas melakukan perawatan di salon? Bisa kok, memanjakan diri di rumah. Buat masker dari bahan-bahan alami yang sesuai jenis kulit. Ajak sahabat untuk melakukannya bersama di rumah agar lebih seru. Selain tubuh dan pikiran yang lebih rileks, perawatan ini juga membuat kita lebih cantik dan siap menemukan cinta baru.

Hari keenam: Jadwalkan waktu sedih

5 hari telah berlalu, kita juga sudah menulis jurnal, membuat list, kembali bekerja, dan menghabiskan banyak uang untuk memanjakan diri di salon. Tapi kok, masih tetap merasa sedih? It’s ok! Nggak ada yang bilang, patah hati itu mudah. Untuk mengatasinya, buatlah satu jadwal untuk waktu bersedih. Misalnya saja, 15 menit tiap malamnya, kita boleh terhanyut dalam lantunan lagu patah hati, tapi setelahnya harus bangkit. Dan, kita boleh melakukannya lagi pada jadwal bersedih di keesokan harinya. Lakukan hal ini sampai kita merasa tidak ada hal yang perlu ditangisi lagi.

Hari ketujuh: Tidak menghubunginya

Kita mungkin masih sering berpikir atau punya keinginan untuk menghubungi si dia, baik melalui pesan teks atau telepon. Dan, kita melakukannya tak hanya sekali. Percaya deh, selama kita masih punya akses untuk menghubunginya, kemungkinannya sangat kecil untuk move on. Di hari ketujuh, saatnya kita menghapus semua kontak yang berhubungan dengannya. Memang awalnya nggak mudah, sama seperti lirik lagu Taylor Swift, “And I just wanna tell you… It takes everything in me not to call you…” Tapi, ketika kita berhasil menahan diri untuk tak menghubunginya berhari-hari, berminggu-minggu, hingga sebulan, keinginan untuk menghubunginya kembali pasti akan berkurang.

Penulis: @ary.nug

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Ngeri! Kekurangan Mineral, Tubuh Kamu Bisa Rusak dan Cepat Tua Lho!

Ada beberapa fakta penting mengenai mineral yang patut kita simak. Mineral diperlukan oleh tubuh kita, tentu sudah kita tahu. Namun, ternyata kekurangan mineral bisa...

Mau Nyaman Bekerja? Yuk, Intip 4 Tip Mendekorasi Ruangan Kerja Kamu

Tak dapat dipungkiri, kantor merupakan rumah kedua bagi kamu karyawan kantoran. Bahkan, sepertiga hidup kamu dihabiskan di kantor. Untuk bisa memberikan kenyamanan di dalam...

‘The Lion King’ Film Paling Laris Pekan Ini

'The Lion King' sukses melenggang ke puncak box office. Di pekan pertama tayang, film arahan sutradara Jon Favreau ini mampu mengantongi pendapatan hingga USD...

Dokter dan YouTuber Kece yang Memperdalam Ilmu Kedokteran Paling Susah

Nama perempuan cantik ini Yuletta Adny Ambarsari. Kalau kamu suatu saat bertemu dengan perempuan yang biasa disapa Sari ini, kesan yang kamu dapat pasti...

‘Stranger Things 3’ Jadi Serial Paling Banyak Ditonton di Netflix

Serial TV dari Amrik, 'Stranger Things' season 3 sukses memecahkan rekor sebagai serial paling banyak ditonton. Serial yang tayang di Netflix ini ditonton lebih...