Saat ini Surabaya dan sekitarnya sudah tiba di musim penghujan. Udara sudah mulai terasa dingin termasuk di siang hari. Ngomong-ngomong soal dinginnya udara, kayanya mantap nih kalau kita menyiapkan minuman yang hangat, ya nggak Yes People? Mau tau apa aja minuman hangat khas Indonesia? Yukk simak daftarnya dibawah ini!

1. STMJ

STMJ adalah singkatan dari susu-telur-madu-jahe. Minuman ini terbuat dari susu yang direbus bersama jahe, lalu dicampur sebutir telur ayam kampung. Telur ini harus diaduk cepat biar nggak menggumpal. Terakhir minuman ini diberi madu sebanyak tiga sendok untuk menambah khasiatnya. Minuman ini cocok banget dinikmatin pas udara lagi dingin. Soal rasa, kamu nggak perlu takut bakal ada rasa amis, karena telur ayam tadi diaduk cepat supaya larut dalam cairan susu. Rasanya dijamin manis karena ditambahkan madu sebelum disajikan ke kamu.

2. Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah sajian khas Jogjakarta. Di China kita juga bisa menikmati sajian yang sama dengan nama Tangyuan. Kuah wedang ronde dibuat dari air rebusan jahe dan gula, sedangkan bola-bolanya terbuat dari tepung ketan yang diberi air hangat, lalu dibentuk bulat. Kadang bola-bolanya diisi gula merah, jadi rasanya manis dan lumer. Wedang ronde cocok banget dinikmati pas udara dingin, karena kuahnya terbuat dari rebusan jahe yang bisa hangatin badanmu.

3. Bandrek

Bandrek adalah minuman hangat khas Sunda. Minuman ini terbuat dari rebusan jahe, gula jawa, kayu manis, cengkeh, sereh dan daun pandan. Rasanya manis dengan sedikit sensasi pedas khas jahe. Saat ini bandrek sering disajikan dengan tambahan susu supaya lebih nikmat.

Gimana Yes People, minuman mana nih yang udah pernah kamu coba?

Selain minum minuman hangat, minuman diatas juga mampu menjaga kesehatanmu loh.

Stay healty, Yes People! (IM/QD)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here