Berlibur ke negeri tetangga, tentu harus mengenal kultur dan kebiasaan warganya. Nah, kalau kamu melirik negeri China sebagai lokasi liburan, maka berikut ada tip nyaman untuk menikmati China hingga tak terlupakan.

Maklumlah, beda negara, pastilah beda pula budaya orang-orangnya. Agar nyaman selama berlibur ke negeri Tirai Bambu ini, ada baiknya kamu mengetahui beberapa tip sebelum menikmati indahnya Great Wall dan Forbidden City.

Apalagi, buat kamu yang belum pernah mengunjungi negeri ini. Maklumlah, China memang sudah lama menjadi destinasi wisata favorit warga dunia. Ia kaya akan sejarah dan alamnya, membuat China pernah berada di urutan ketiga sebagai negara yang paling banyak dikunjungi di dunia.

So, yuk simak beberapa tip sebelum menikmati cantiknya negeri China guys!

1. Belajar (Sedikit) Bahasa Mandarin

Informasi pertama yang harus diketahui adalah mayoritas masyarakat China tidak bisa berbahasa Inggris. Papan informasi di stasiun, jalan, dan hotel jarang sekali mencantumkan keterangan dalam bahasa Inggris. Jadi, ada baiknya jika kamu belajar sedikit bahasa Mandarin agar tidak tersesat. Tidak usah repot-repot, cukup membawa buku bahasa Mandarin selama berlibur sudah dapat ‘menyelamatkan’ kamu.

2. Cari Tahu Info Cuaca

China adalah negara empat musim, jadi pastikan kamu tidak salah kostum saat berkunjung ke sana. Waktu terbaik untuk mengunjungi China adalah April hingga Mei, dan September hingga Oktober. Di bulan-bulan tersebut udara di China tidak terlalu dingin, bahkan cenderung hangat.

3. Satu Hari untuk Satu Lokasi

Karena China cukup luas, sulit untuk mengunjungi beberapa tempat wisata dalam satu hari. Tentukan lokasi yang ingin dikunjungi sebelum kamu berangkat dan siapkan setidaknya satu hari untuk satu lokasi. Cari tahu pula cara untuk mencapai lokasi tersebut. Jangan khawatir, China memiliki sarana transportasi kereta dan bus yang menjangkau ke semua wilayah yang menjadi pusat aktivitas warga.

4. Waspada Penipuan

Penipuan lumrah terjadi di China. Tidak hanya turis, warga China pun sering jadi sasarannya. Salah satu bentuk penipuan yang paling sering terjadi adalah mengenai uang palsu dan penambahan nominal saat menggunakan kartu kredit. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya kamu menukarkan uang Yuan di Indonesia dan hindari menukarkan uang di money changer pinggir jalan. Kamu juga harus membawa uang cash yang cukup selama berwisata.

5. Perhatikan Kebersihan Toilet

Kalau ingin buang air kecil atau besar dengan nyaman, sebaiknya gunakan toilet di hotel, restoran, atau tempat ibadah. Hindari menggunakan toilet di tempat umum, bahkan di tempat wisata. Hal ini karena kebersihan toilet umum di negeri tersebut kebanyakan kurang terjaga. Jangan lupa untuk membawa tisu basah, karena mereka tidak menyediakan tisu maupun air. (Ry)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here