Home Headline Buat Solo Traveler Nih, Jangan Lewatin 7 Hal Penting Ini Ya!

Buat Solo Traveler Nih, Jangan Lewatin 7 Hal Penting Ini Ya!

Buat kamu yang punya hobi ngider, agenda traveling pastinya menyenangkan dan mengasyikkan. Bagaimana tidak, traveling merupakan momen di mana kamu bisa menikmati indahnya kawasan tertentu yang sedang kamu kunjungi.

Tak harus ramai-ramai saat kamu traveling, sendirian pun bisa. Ya, traveling sendirian atau istilah kerennya solo traveling saat ini sudah banyak dijalani oleh kalangan milenial. Bahkan, tak jarang diantara kalian sudah menjadikannya sebagai hobi kan?

Wajarlah ya traveling kini jadi ritual kamu, meski sekadar untuk melepas penat, karena di momen ini kamu bisa menemukan destinasi baru, mencicipi kuliner yang berbeda, mempelajari budaya lokal hingga dapat mengenal diri kita lebih baik.

Menjadi solo traveler memang butuh kesiapan dan kemauan pribadi yang matang. Sebab, kamu akan melewati perjalanan sendiri tanpa bantuan atau teman untuk berdiskusi. Jika sebelumnya kamu terbiasa traveling bareng teman atau keluarga, kali ini kamu harus mampu mempersiapkan segala sesuatu secara mandiri.

Nah, tertarik buat ngelakuin solo traveling? Simak yuk, 7 hal yang perlu kamu perhatiin biar perjalanan kamu aman dan nyaman saat melakukan solo traveling.

1. Rencanakan dengan Baik

Rencanakan segala sesuatu dengan baik, mulai dari akomodasi, transportasi, destinasi wisata sampai dana yang dibutuhkan. Dengan perencanaan yang matang, kamu sudah memikirkan konsekuensi serta back up plan jika perjalananmu mengalami hambatan. Perencanaan yang baik juga membuat perjalananmu lebih terarah dan terorganisir.

2. Packing Minimalis

Karena kamu pergi sendirian, maka kenyamanan menjadi hal yang utama. Bawalah barang-barang yang sekiranya penting dan cukup untuk kamu bawa secara minimalis. Hindari membawa koper besar dengan barang terlalu banyak, karena tidak ada orang lain yang kamu andalkan untuk membantumu.

3. Tidak Berlebihan dalam Berpakaian

Pilihlah pakaian yang sewajarnya dan tidak berlebihan. Terkadang berpakaian seperti turis tidak selamanya baik. Terkadang hal tersebut akan membentuk jarak dengan warga lokal dan berpotensi mengundang kejahatan.

4. Pilih Penginapan di Daerah Ramai

Pilihlah penginapan di daerah ramai atau pusat kota. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mencari makan, minimarket, ATM, dan stasiun.

5. Sedikit Belajar Bahasa Warga Setempat

Belajar bahasa lokal setempat akan mempermudah interaksimu dengan warga lokal di daerah yang kamu kunjungi. Jadi, usahakan untuk mengerti dan menghafal sedikit bahasa lokal setempat seperti “Terimakasih”, “Selamat pagi”, “Maaf”, dan “Berapa harganya?”.

6. Membawa Obat-obatan Pribadi

Obat-obatan adalah hal yang penting saat melakukan solo traveling, karena kamu nggak bakal tahu kapan kecelakaan atau sakit apa yang akan terjadi. Ketika hal itu terjadi, kamu tak perlu panik karena kamu telah menyiapkan obat-obatan pribadimu.

7. Waspada Akan Keamanan

Keamanan ketika melakukan solo traveling harus diperhatikan. Karena kamu melakukan perjalanan sendiri, maka kamu harus waspada dengan keadaan sekitar. Jika kamu seorang perempuan, hindari bepergian malam yang jauh kaena peluang kejahatan akan semakin tinggi.

Penulis: @aristadhmynt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Kamu Perlu Tahu! Ini 6 Perlombaan 17 Agustus yang Seru dan Penuh Kebersamaan

Momen Agustus-an selalu ditunggu bangsa ini sebagai penanda bahwa kita sudah merdeka. Nah, sebagai penyemangat, kita pun selalu melihat, bahkan ikut serta dalam berbagai...

Unik dan Menarik, Ini 4 Tradisi Perayaan Kemerdekaan di Berbagai Daerah

Bulan Agustus jadi bulan yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Kenapa? Pasti kalian semua sudah pada tahu jawabannya! Ya, setiap bulan Agustus kita ngerayain kemerdekaan...

Nggak Usah Takut Dibilang Norak Pakai Outfit Nuansa Kemerdekaan

Sabtu, 17 Agustus hari ini Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-74 tahun. Tentu selain bersemangat, kita juga penasaran ya untuk menyiapkan outfit di hari...

HUT Ke-74 RI, Yuk Guys Intip 5 Fakta Unik Soal Proklamasi

Indonesia merdeka ditandai dengan pembacaan teks proklamasi oleh Presiden RI pertama, Soekarno. Tapi tahukah kamu, kalau saat itu sebenarnya Soekarno sedang sakit? Tak hanya itu,...

Kenalan Yuk dengan Valentina Sampaio, Model Transgender Pertama Victoria’s Secret

Nama Valentina Sampaio belakangan menarik perhatian netizen. Gara-garanya, sosoknya yang cantik dan seksi itu ternyata seorang transgender yang resmi direkrut oleh label pakaian dalam...