Bonek Campus27, Supporter Persebaya yang Nggak Melulu Bondho Nekat

0
370

Siapa sih yang nggak tau Bonek? Bonek adalah supporter fanatik club sepakbola Persebaya Surabaya. Loyalitas Bonek sebagai supporter memang nggak bisa diragukan lagi ya, Yes People. Bonek merupakan akronim bahasa Jawa dari kata Bondho Nekat. Sejauh ini Bonek sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat karena membuat kekacauan seperti merusak bus tim lawan, melakukan penjarahan, tawuran dengan supporter lain dan sebagainya.

Eitss tapi jangan tutup mata dengan keberadaan Bonek Campus27 yaa. Mereka ini adalah supporter Persebaya yang terdiri dari mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Surabaya. Awal mula berdirinya komunitas ini adalah saat para mahasiswa yang juga merupakan Bonek sering berkumpul untuk ngopi dan nongkrong bareng. Mahasiswa tersebut berasal dari empat kampus berbeda di Surabaya antara lain dari Universitas Airlangga, Universitas Tujuh Belas Agustus 1945, Institut Teknologi Adhitama Surabaya dan Universitas Negeri Surabaya. Mereka kemudian membentuk komunitas Bonek Campus27 untuk mendukung Persebaya dan berusaha mengubah stigma negatif masyarakat tentang Bonek itu sendiri.

Selain memberi dukungan terhadap Persebaya seperti Bonek pada umumnya, Bonek Campus27 yang notabene merupakan mahasiswa berusaha memberikan contoh yang baik kepada masyarakat bahwa Bonek tidaklah menyerahkan seperti yang selama ini tertanam di benak masyarakat. Mereka sering mengadakan kegiatan sosial seperti bagi-bagi takjil di Bulan Ramadhan dan bakti sosial. Selain itu mereka juga pernah mengadakan nobar Persebaya Juara saat tahun 2004. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah membangkitkan kembali semangat Bonek. Kontribusi lain yang mereka lakukan untuk mendukung Persebaya ditunjukkan dengan membuat tulisan karya ilmiah yang memuat berbagai peristiwa, evaluasi tim maupun sejarah Persebaya. Selain memberikan kontribusi untuk Persebaya, Bonek Campus27 juga pernah mengkritisi pemain Persebaya yang bukan dari kota Surabaya, serta Bonek itu sendiri.

Nah itu tadi ulasan tentang Bonek Campus27. Kalian dukung Persebaya juga nggak? (IM)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here