Bicara sakit tumor pasti menjadi momok menakutkan bagi siapapun. Apalagi tumor otak. Bahayanya, tumor otak bisa terjadi pada siapa saja lho!

Untuk meminimalisir penyakit tersebut, ada baiknya kamu tahu berbagai faktor risiko yang bisa membuat seseorang memiliki kemungkinan lebih besar menderita penyakit ini. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya!

1. Faktor Usia

Tak ada batasan usia untuk terkena tumor, tapi biasanya risiko akan meningkat seiring perjalanan usia, terutama setelah berusia 45 tahun.

2. Terpapar Radiasi

Misalnya saja radiasi yang berasal dari terapi radiasi untuk mengatasi kanker di tempat lain, atau terpapar radiasi nuklir. Bentuk radiasi lain misalnya dari bidang elektro magnet pembangkit listrik atau radiasi dari radiofrekuensi telepon seluler dan alat pemanggang dengan teknologi microwave belum dapat dibuktikan secara pasti mencetuskan tumor otak.

3. Paparan Senyawa Kimia pada Saat Bekerja

Orang-orang yang bekerja pada pabrik tertentu yang terpapar bahan kimia dapat meningkatkan risiko mengalami kanker. Misalnya saja, pada pabrik pupuk, pabrik semen, alat-alat listrik atau pabrik yang berhubungan dengan minyak.

4. Riwayat keluarga menderita tumor. (Ry)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here