Jangan bilang pecinta mie kalau kamu belum nyobain lezatnya aneka hidangan mie khas Korea ini. Di kawasan Asia Timur seperti Jepang dan Korea, mie ibarat makanan wajib yang ada di menu mereka.

Bahkan, ada beberapa jenis mie yang disajikan khusus di momen istimewa, seperti di hari pernikahan. Dalam bahasa Korea, makanan berbahan mie disebut sebagai myeon atau guksu. Penasaran, hidangan mie khas Korea apa saja yang rasanya lezat menggoyang lidah yang wajib kamu coba? Yuk, simak rekomendasinya!

1. Ramyun

Ramyun atau biasa disebut dengan Ramyeon ini merupakan hidangan mie khas Korea yang bercita rasa pedas. Nah, ramyun cocok buat kamu yang hobi makanan serba pedas. Ramyun sendiri di Korea dijual bebas di banyak toko dan pasar lho! Meski makanan khas Korea, tapi siapa menyangka kalau hidangan mie satu ini asalnya dari Tiongkok yang dibawa ke Jepang pada tahun 1868-1912. Karena menjadi negara tetangga, maka Korea pada 1960-an mulai mengenal ramyun dan menjadikannya sebagai salah satu hidangan wajib di menu makanan mereka.

2. Kalguksu

Nah, buat kamu yang butuh hidangan mie yang bisa menghangatkan tubuh, maka pilihlah Kalguksu. Hidangan mie khas Korea satu ini juga menjadi makanan berbahan mie yang sangat disukai warga di negara tersebut. Tapi uniknya, meski bisa menghangatkan tubuh, tapi di Korea hidangan mie ini biasa dikonsumsi di musim panas. Ini karena, Kalguksu bisa menghangatkan bagian dalam tubuh. Bagi mereka, saat cuaca panas justru menjadi momen pas untuk meningkatkan kondisi tubuh yang naik turun. Cuaca panas membuat kita banyak mengonsumsi asupan yang serba dingin, maka itu membuat panas tubuh turun. Nah, kondisi tubuh yang naik turun itulah yang biasa membuat tubuh mudah sakit, maka warga Korea pilih mengonsumsi Kalguksu.

3. Budae Jjigae

Budae Jjigae adalah hidangan mie khas Korea yang dibuat dari kombinasi sosis sapi, ramyun, tahu sutra, makaroni beef luncheon, dan sayur-sayuran dalam sup berbumbu kimchi dan gochujang. Rasanya jangan ditanya, sudah pasti nikmat. Kamu pun dijamin ketagihan dengan mie yang mulai dikenal Korea pada 1950-an ini.

4. Makguksu

Makguksu merupakan hidangan mie khas Korea yang cukup populer, terutama di Chuncheon dan Gangwon-do. Selera makanmu akan bangkit ketika mencium aroma dari kelezatan Makguksu yang dihidangkan bersama dengan minyak wijen atau cuka, kaldu, mustard, dan gula. Mie ini adalah mie soba dingin yang dibuat dari tepung gandum.

5. Jajangmyeon

Hidangan mie khas Korea satu ini sudah pasti sering kamu lihat drama Korea. Mie tebal berbumbu kacang lezat yang khas, membuat Jajangmyeon cukup populer di Korea. Jajangmyeon adalah hidangan mie yang berupa mie saus pasta kacang kedelai hitam. Awalnya, Jajangmyeon dikonsumsi oleh imigran Tiongkok hingga akhirnya menjadi salah satu makanan wajib warga Korea. Bahkan uniknya, hidangan mie satu ini biasa dimakan orang-orang yang masih lajang di hari Black Day yang diperingati setiap tanggal 14 April. Mie yang bumbunya berwarna hitam ini menjadi lambang kesedihan karena kesendirian atau patah hati.

Nah, itulah 5 aneka hidangan mie khas Korea yang rasanya lezat yang wajib kamu coba gengs! Sudah ngiler dan merasa lapar?

Penulis: @ary.nug


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here