Libur panjang Lebaran kemarin pasti tak terlupakan ya, Ladies? Nah, sekarang liburannya telah selesai. Kini, saatnya kembali merawat kecantikan kamu pasca berlibur.

Maklumlah, buat kamu yang menghabiskan libur panjang, terutama di pantai, pastinya akan ada perubahan kulit lebih gelap akibat terbakar matahari. Tak hanya soal kulit, liburan di daerah tropis seperti Indonesia cukup berisiko merusak kesehatan serta keindahan tubuh seperti bibir dan rambut.

Tapi nggak perlu khawatir, Ladies, kecantikanmu bakal luntur setelah berlibur. Ini ada beberapa perawatan kecantikan setelah liburan. Simak, yuk!

1. Sengatan Matahari

Permasalahan utama usai berlibur, khususnya di daerah pantai dengan panas menyengat, adalah terbakarnya kulit wajah dan tubuh akibat sinar matahari. Bila kamu kurang mengaplikasikan pelindung kulit dari UV A dan UV B dijamin paparan sinar matahari pada kulit akan menimbulkan bekas. Ada bahan-bahan tradisional yang dapat membantu mengurangi bekas sunburn di kulit, yaitu susu dengan kandungan protein adalah bahan yang dapat melembutkan sunburn dan jenis iritasi kulit lainnya.

Sementara, kulit wajah ternyata lebih rentan terhadap sengatan matahari. Akan lebih baik jika penyembuhannya menggunakan produk yang khusus digunakan untuk area tubuh leher ke atas. Produk perawatan yang mengandung ekstrak mentimun termasuk baik, karena ia mengandung vitamin C, caffeic acid, dan antioksidan yang dapat mengurangi bekas sengatan matahari saat diaplikasikan ke kulit.

2. Pori-pori Tersumbat

Mengonsumsi minuman segar dan melahap makanan-makanan khas dapat membuat pori-pori kamu membesar. Bersihkan dengan produk perawatan mikrodermabrasi yang dapat mengecilkan pori-pori sekaligus menyamarkan bintik-bintik hitam dan garis wajah.

3. Kulit Mengelupas

Beberapa lama setelah kulit terbakar membaik, maka bisa jadi timbul masalah baru, yaitu kulit mengelupas. Lebih baik, tak perlu menunggu kulit yang terkelupas itu hilang dengan sendirinya, sehingga disarankan untuk berendan di dalam milk bath selama 20 menit. Asam laktat pada susu bisa mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan membantunya menjadi lebih lembut.

4. Kulit Belang

Kulit yang menghitam secara rata mungkin tak terlalu mengganggu. Akan tetapi jika kulit belang dan tak merata, misalnya pada garis sandal, kacamata, atau singlet, justru sangat mengganggu. Kamu bisa melakukan pengelupasan dengan scrub selama dua hari sekali dan dikhususkan pada area yang belang tersebut.

5. Perjalanan Jauh

Perjalanan jauh, khususnya pada armada yang menggunakan pendingin udara terlalu lama, bisa membuat kulit menjadi kering dan kurang terhidrasi. Untuk melembapkannya kembali, tinggalkan dulu alas bedak yang terlalu berat. Sementara, gunakan saja dulu pelembap berwarna atau BB cream yang lebih ringan.

6. Kulit Kering

Berenang di pantai ataupun di kolam renang bisa membuat kulit sangat kering karena kandungan klorinnya. Sembuhkan dan buat kulit lembut kembali dengan menggunakan pelembap bebas minyak ke seluruh tubuh.

Penulis: @ary.nug


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here