Libur Lebaran telah usai. Pastinya, libur panjang Lebaran kemarin menjadi waktu yang tepat untuk kamu memanjakan diri dengan mengonsumsi beragam makanan yang jarang dinikmati di hari-hari biasa.

Di suasana hari nan fitri, tentulah tak ada salahnya menikmati menu-menu khas yang mungkin sudah lama tidak kamu cicipi, meski kadar lemak atau kalori yang terkandung di menu makanan tersebut sangat tinggi.

Nah liburan telah selesai, kini saatnya kamu kembali pada pola makan yang sehat. Nggak usah bingung soal caranya, ini simak beberapa tip memperbaiki pola makan setelah Lebaran.

1. Tinggalkan Kopi

Jangan sekalipun kamu menyentuh kopi, setidaknya beberapa hari setelah kamu kembali beraktivitas rutin. Mungkin kamu berpikir kafein akan ‘membangunkan’-mu. Tetapi di saat yang bersamaan, kafein justru akan membangun keinginan kamu untuk mengonsumsi karbohidrat dan gula yang lebih banyak lagi. Lebih baik kamu memilih green tea.

2. Banyak Minum

Minum, minum, dan minum. Dan minum di sini berarti minum air putih, ya? Selama masa liburan, mungkin kamu terlena dengan minuman manis dan bersoda. Kini, saatnya membersihkan diri dengan air putih. Minimal dalam sehari kamu harus mengonsumsi 6-8 gelas. Lebih baik lagi kalau kamu menambahkan potongan lemon atau jeruk untuk tambahan vitamin C, sekaligus membantu membakar lemak.

3. Perbaiki Asupan Serat

Bagaimanapun juga, setelah ‘serangan’ makanan bersantan dan berlemak, sudah saatnya sistem penceranaan dibenahi. Serat akan membantu kamu. Mulailah sarapan dengan oatmeal atau roti gandum dengan almond.

4. Tinggalkan Gula Sejenak

Agar lebih cepat memperbaiki kondisi tubuh kamu, segera tinggalkan gula sejenak. Lupakan sejenak makanan manis, apalagi yang sudah diproses sebelumnya. Sebaliknya, pilihlah makanan dengan manis yang natural seperti buah, sayuran, dan biji-bijian.

Penulis: @ary.nug


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here