Home Bete Kerja di Hari Senin? Ini 10 Hal yang Akan Membuatmu Senang

Bete Kerja di Hari Senin? Ini 10 Hal yang Akan Membuatmu Senang

Senin sering membuat stres. Sementara kesenangan weekend masih membekas di pikiran, pekerjaan yang menumpuk di depan mata sudah terbayang, membuat semangat langsung drop.

Tapi nggak usah khawatir guys, ini tidak akan terjadi kalau kamu mengawalinya dari hari Jumat. Yuk, simak 10 hal yang harus kamu lakukan di hari Jumat agar Senin kamu menyenangkan.

1. Selesaikan satu tugas besar

Dari sekian pekerjaan yang mesti diselesaikan pada Senin, pilihlah satu (hanya satu…) pekerjaan yang besar dan cukup menyita waktu. Kalau masih punya stamina dan waktu, bisa tambahkan satu tugas lagi untuk dikerjakan.

2. Cari suasana tenang untuk bekerja

Ini penting nih… Biasanya lagi semangat menyelesaikan pekerjaan, eh ada gangguan dan godaan yang mengganggu konsentrasi. Karena itu, kondisikan agar kamu bisa bekerja dengan tenang.

3. Rencanakan jadwal kerja seminggu ke depan

Di hari Jumat, buat to do list atau daftar apa saja yang harus dilakukan di hari Senin pagi, bahkan seminggu ke depan. Saat membuat daftar itu, ingatlah bahwa Senin dan Selasa adalah hari paling produktif sepanjang satu minggu, jadi tempatkan tugas terberat di hari tersebut. Dengan daftar itu, cicil pekerjaan agar selesai tepat waktu.

4. Cari bantuan pada Jumat, jangan tunggu Senin

Dengan mendata pekerjaan sejak Jumat, maka kamu akan tahu pekerjaan apa untuk Senin, bahkan untuk seminggu ke depan sehingga tahu apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan itu. Termasuk, jika kamu membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Kamu bisa menghubungi yang bersangkutan pada Jumat agar yang dimintai bantuan pun tidak merasa ‘ditodong’ mendadak.

5. Hindari meeting pada Senin

Jika ada rencana meeting, hindari melakukannya pada hari Senin, kecuali memang untuk membahas hal yang amat sangat penting. Sama dengan kamu, semua orang cenderung super sibuk pada Senin sehingga lebih baik cari hari lain untuk mengadakan pertemuan. Plus, kamu pun leluasa menyelesaikan tugas kamu.

6. No browsing di luar keperluan tugas

Biasanya orang menganggap Jumat adalah hari kerja santai sehingga banyak yang memanfaatkan internet untuk senang-senang. Ubah mind set ini, justru pada Jumat kamu harus mengurangi bahkan menghindari browsing senang-senang, tapi manfaatkan untuk mencari data pekerjaan buat Senin atau mengirim email kepada orang-orang yang seharusnya kamu hubungi Senin sehingga 30% beban kerja kamu berkurang.

7. Jumat adalah hari mengubah rutinitas

Kalau ternyata pekerjaan pada hari Senin tidak terlalu banyak, dan kamu masih punya banyak waktu luang sebelum hari kerja berakhir, manfaatkan untuk mengubah rutinitas kamu. Kalau biasanya kamu hanya berteman dengan rekan kerja yang itu-itu saja, coba datangi meja kerja dan ajak ngobrol rekan kerja yang jarang kamu sapa. Kalau butuh bantuan rekan kerja untuk pekerjaan hari Senin, daripada kirim SMS atau e-mail, datangi dan tanyakan langsung. Orang itu akan merasa lebih dihargai.

8. Tawarkan bantuan pada rekan kerja atau atasan

Hari Jumat jangan dipakai untuk pulang cepat, atau sibuk ‘berselancar’ di akun media sosial kamu. Manfaatkan untuk memberi bantuan kepada rekan kerja lain atau atasan. Ini akan membuat hubungan kamu dengan mereka lebih baik lagi.

9. Jumat adalah hari bersih-bersih

Supaya Senin kamu lebih ceria, gunakan waktu di hari Jumat untuk bersih-bersih. Membersihkan meja kerja, membersihkan file-file tak berguna, buang data tak berguna, mengatur file data, dan sebagainya sehingga begitu masuk kerja Senin, meja kerja kamu sudah rapi dan bersih.

10. Tunjukkan perhatian

Hari Jumat juga menjadi hari memberi perhatian kepada rekan kerja maupun orang terdekat di sekitar kamu. Kirim e-mail ucapan terima kasih, balas email, beri pujian kepada rekan kerja yang hari itu berpenampilan menarik, tempelkan pesan yang memotivasi rekan kerja lain. Perhatian kecil ini akan membuat hati orang lain senang, membuat suasana kerja nyaman, dan hati kamu pun pasti ikut senang.

Penulis: @ary.nug

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Ngeri! Kekurangan Mineral, Tubuh Kamu Bisa Rusak dan Cepat Tua Lho!

Ada beberapa fakta penting mengenai mineral yang patut kita simak. Mineral diperlukan oleh tubuh kita, tentu sudah kita tahu. Namun, ternyata kekurangan mineral bisa...

Mau Nyaman Bekerja? Yuk, Intip 4 Tip Mendekorasi Ruangan Kerja Kamu

Tak dapat dipungkiri, kantor merupakan rumah kedua bagi kamu karyawan kantoran. Bahkan, sepertiga hidup kamu dihabiskan di kantor. Untuk bisa memberikan kenyamanan di dalam...

‘The Lion King’ Film Paling Laris Pekan Ini

'The Lion King' sukses melenggang ke puncak box office. Di pekan pertama tayang, film arahan sutradara Jon Favreau ini mampu mengantongi pendapatan hingga USD...

Dokter dan YouTuber Kece yang Memperdalam Ilmu Kedokteran Paling Susah

Nama perempuan cantik ini Yuletta Adny Ambarsari. Kalau kamu suatu saat bertemu dengan perempuan yang biasa disapa Sari ini, kesan yang kamu dapat pasti...

‘Stranger Things 3’ Jadi Serial Paling Banyak Ditonton di Netflix

Serial TV dari Amrik, 'Stranger Things' season 3 sukses memecahkan rekor sebagai serial paling banyak ditonton. Serial yang tayang di Netflix ini ditonton lebih...