Home Headline Berburu Sego Boranan Yuk, Kuliner Lezat Asal Lamongan

Berburu Sego Boranan Yuk, Kuliner Lezat Asal Lamongan

Lamongan, Jawa Timur kaya akan kuliner khasnya. Tak hanya sotonya yang terkenal, kamu pun bisa memburu kuliner nikmat lainnya saat mengunjungi Lamongan. Ya, kamu bisa mencicipi sego boranan, kuliner lezat asal Lamongan.

Kuliner satu ini cukup populer, sehingga tak lengkap kalau tak mencicipinya saat kamu menyambangi daerah ini. Bahkan, sego boranan akan segera dipatenkan oleh Pemkab Lamongan lho! Simak yuk, alasan kenapa sego boranan cukup populer dan akan dipatenkan.

Sebelumnya kita perlu tahu, makanan apa sih sego boranan itu? Yup, sego boranan adalah kuliner khas Lamongan yang biasa diburu setiap Lebaran tiba. Tapi, kuliner lezat ini selalu ada setiap hari di setiap sudut kota Lamongan. Jadi, kamu tak perlu khawatir kalau ingin membelinya setiap saat.

Sego boranan berupa nasi, bumbu, urap-urap, rempeyek, dan lauk lainnya seperti empuk (tepung yang digoreng) dan pletuk (kacang dan remah nasi aking). Ia biasa disajikan dengan daun pincuk dan memakai wadah nasi dari anyaman bambu.

Kata boranan sendiri berasal dari tempat wadah nasi yang terbuat dari anyaman bambu. Biasanya tempat ini dibawa dengan cara digendong menggunakan selendang. Bagi warga Lamongan, sego boranan selama ini biasa disebut dengan nasi boran.

Hanya Ada di Lamongan

Kuliner ini hanya bisa kamu dapatkan di Lamongan. Jadi, kamu tak akan pernah bisa menemui sego boranan di daerah lain. Nah, bicara bumbu yang ada dalam kuliner lezat ini, bumbunya berasal dari rempah-rempah yang ditambahkan dengan cabai dan kelapa parut yang dihaluskan.

Sementara lauknya, kamu bisa menambahkannya dengan ikan bandeng, telur asin, daging ayam, tahu, jeroan, tempe, telur dadar, dan lain-lain. Masih ada lauk khas yang ada dalam sego boranan yang tidak bisa kamu temui di kuliner lain, yaitu ikan sili yang harganya lebih mahal dari harga lauk lainnya.

Ini karena, ikan sili merupakan jenis ikan air tawar yang hanya bisa ditemukan hidup liar di rawa atau sungai. Ikan ini pun belum bisa dikembangkan secara massal. Jadi, wjar dong ya harganya lebih mahal untuk bisa mencicipinya bersama sego boranan.

Nah, uniknya lagi, kuliner ini bisa kita cicipi dengan cara lesehan selama 24 jam di kota Lamongan. Untuk harga satu porsinya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 10 ribu. Tapi kalau kamu ingin lauk ikan sili, maka harga sego boranan menjadi Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu, tergantung dari ukuran si ikan.

Penjual dari Satu Desa

Masih ada nih keunikan lainnya dari sego boranan. Penjual kuliner khas satu ini berasal dari satu desa lho! Yakni, dari desa Sumberjo, Kecamatan Kota. Di desa tersebut, hampir 80% warganya menjadi penjual sego boranan di hampir setiap sudut kota Lamongan.

Bahkan ada warga yang selama 15 tahun, dan ada pula yang turun temurun menjadi penjual sego boranan. Nah, karena banyak yang menyukainya dan makin populer inilah, serta nggak ada di daerah lain, maka pihak Pemkab Lamongan akan segera mematenkan sego boranan menjadi salah satu ikon daerah ini.

So, kalau kamu tertarik, yuk simak di mana saja kamu bisa menemui penjual sego boranan yang terkenal ini!

1. Dekat Plaza Lamongan

Pertama, kamu bisa menemukan sego boranan di kawasan dekat Plaza Lamongan. Sego boranan di kawasan ini terkenal cukup enak, sehingga usai kamu belanja atau jalan-jalan, bisa melipir ke sini ya? Meski dijual di pinggiran jalan, tapi sego boranan di sini terbilang bersih kok. Para penjualnya pun ramah. Soal porsi, jangan ditanya! Kamu dijamin puas, dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai Rp 5 ribuan. Dengan harga segitu, kamu bisa mendapatkan sego boranan dengan urap daun singkong, tauge, dan kemangi yang dicampur dengan bumbu dan sambal sebagai menu utama. Dijamin nikmatnya tak terkira! Belum lauk yang tersedia terbilang lengkap. Kamu bisa menemukan lauk dadar jagung, ikan sili, ceker ayam, ikan bandeng, ayam bakar, jeroan, gimbal lentho, dan masih banyak lagi. Silahkan dipilih, mana yang kamu suka!

2. Sepanjang Jalan Jendral Sudirman

Nah, penjual sego boranan lezat yang kedua bisa kamu temukan di sepanjang jalan Jendral Sudirman. Di sini, kamu dengan mudah menemukan sego boranan, dengan rasa yang gurih dan nikmat. Lauknya pun terbilang lengkap, mulai jeroan sampai daging ayam. Sego boranan di sini juga sama dengan tempat lain, ia dilengkapi dengan rempeyek gurih, urap-urap segar, dan campuran bumbu kacang yang lezat. Tak hanya buat makan siang yang nikmat, sego boranan di sini juga biasa dipakai sarapan.

3. Sekitar Alun–alun Kota Lamongan

Ketiga, kamu bisa menemukan sego boranan di sekitar alun-alun Kota Lamongan. Kawasan ini termasuk paling mudah untuk menemukan penjual sego boranan. Tapi, kamu harus datang pagi-pagi ya? Pasalnya, para penjual sego boranan di sini biasa diserbu pembeli mulai pukul 06.00 WIB sampai 08.00 WIB. Di atas jam itu, biasanya sego boranan sudah ludes terjual. Tapi ada alternatifnya, jadi kamu nggak perlu khawatir. Sebab, di sekitar sini masih banyak penjual kuliner khas nikmat satu ini. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga bervariasi, mulai Rp 8 ribu sampai Rp 15 ribu, dengan pilihan lauk pauk yang beragam, mulai telur, ceker pedas, udang, tahu, tempe, ikan sili, sate jeroan, dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa menemukan lauk empok, gorengan yang mirip dengan bakwan jagung, dengan rasa yang sedikit asam dan gurih. Sego boranan yang dijual disini terbilang segar, ditambah dengan bumbu kacang yang pedas dan gurih menggoyang lidah.

4. Wilayah Made, Lamongan Kota

Sego boranan yang dijual di sini juga rekomen banget. Rasanya terbilang enak dan pantas untuk dicicipi! Meski dijual di pinggir jalan raya Mastrip, Made, tapi soal kebersihan cukup terjaga. Tapi, kamu harus rela antre saat membeli sego boranan di kawasan ini. Meski begitu, lelahmu akan terbayar dengan kenikmatan sego boranan yang kamu beli dengan harga terbilang murah, yaitu hanya Rp 15 ribu untuk seporsi lengkap dengan lauk pauknya yang bisa kamu pilih sendiri seperti ikan sili, telur dadar, ceker ayam, daging ayam, dan lain-lain. Lauk pauk yang terkenal di sini, yaitu ceker ayam empuknya dan sate jeroan yang tidak amis dan enak.

5. Kawasan Jalan Basuki Rahmat

Oke, lokasi berikutnya penjual sego boranan adalah di kawasan jalan Basuki Rahmat. Sama dengan penjual di lokasi lain, sego boranan yang dijual di sini juga lezat dan lauk pauknya lengkap, mulai kuah kare, gimbal lentho, dan urap-uranya yang masih segar. Urap-urap di sini kebanyakan dari tauge dan daun singkong. Sementara kuah karenya memiliki cita rasa yang khas, kental, dan pedas. Sedangkan lauk gimbal lenthonya cukup gurih dan enak. Sama seperti di tempat lainnya, di sini kamu pun bisa mengambil lauk pauknya sendiri seperti ikan sili, sate udang, ikan bandeng, telur puyuh, dan masih banyak lagi.

Nah, menarik kan kuliner lezat khas Lamongan satu ini? Yuk, segera merapat ke kota Lamongan untuk mendapatkan seporsi sego boranan! (Ry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

‘Maleficent: Mistress of Evil’ Runtuhkan ‘Joker’ di Puncak Box Office

Sepekan tayang, 'Maleficent: Mistress of Evil' langsung menempati posisi puncak box office pekan ini. Film terbaru Angelina Jolie ini bahkan meruntuhkan keperkasaan 'Joker' yang...

Makeup Unicorn yang Simpel dan Mudah untuk Merayakan Halloween

Jelang perayaan Halloween, tentu kamu sudah mempersiapkan dong ya segala sesuatunya, termasuk makeup. Nah, bicara soal makeup Halloween, pastinya kamu sudah menentukan makeup apa yang...

Fakta Dibalik Generasi Milenial Tidak Mengikuti Pakem Perusahaan

Generasi milenial di dunia kerja dikenal sulit mengikuti pakem atau peraturan perusahaan. Rupanya, mereka punya alasan sendiri untuk tidak mengikuti beberapa pakem yang dibuat...

Unik tapi Lezat, Berikut adalah Makanan Khas Halloween di Berbagai Negara

Menjelang perayaan Halloween, tentu masyarakat di berbagai negara sudah mempersiapkan segala sesuatunya seperti kostum, riasan hingga makanan khas Halloween. Meski di Indonesia perayaan Halloween...

Tip Padu Padan Monochrome untuk Tampilan Elegan dan Fashionable

Bergaya monochrome memang bisa menjadi solusi jitu kamu untuk tampil elegan dan fashionable di dalam setiap kesempatan. Seperti motif-motif yang masih menjadi kekinian seperti...