Yes people. Bagi seorang wanita tentunya kulit yang glowing, cerah merona membahana sepanjang hari adalah sebuah impian kan. Karena itu tidak heran rasanya bila salon-salon kecantikan kebanjiran order untuk perawatan kulit. Namun sebenarnya tanpa perawatan yang bernilai jutaan kulit kita pun dapat tetap terlihat menawan dan sehat.

Menurut dr. Menul ayu Umborowati, SpKK, Sekarang ini ada banyak faktor yang menyebabkan kulit terlihat tidak cantik, salah satunya adalah karena penuaan dini yang disebabkan oleh sinar matahari. ” Paparan sinar Ultraviolet yang mengenai kulit kita akan menyababkan penuaan dini dan membuat kulit kriput terutama di area mata dan dahi. ” Jelasnya saat menjadi pembicara dalam acara Beuty Class and Fashion Show di salah satu Cafe di Kawasan Rungkut Surabaya.

Lebih lanjut dr. ayu menjelaskan bahwa 95% dari sinar UV yang mendekati bumi adalah sinar UV A. Sinar UV jenis ini dianggap menjadi sinar UV yang berbahaya, sebab pancaran dari sinar UV ini amat kuat dan bisa menembus awan serta kaca. Sinar UV A juga bisa menyerap lebih dalam kebagian kulit bila dibandingkan dengan sinar UV B.

Bila sinar UV B hanya mencapai bagian atas lapisan epidermis, sinar UV A menyerap melewati lapisan epidermis hingga ke lapisan dermis. Bila kulit terpapar sinar matahari terlalu lama, UV A mampu menembus lapisan kulit lebih dalam dan menyebabkan penuaan pada kulit kita. Beberapa tanda yang muncul diantaranya yakni keriput dan noda hitam bahkan bisa menyebabkan kanker.

” Pembentukan vitamin D pada tubuh adalah hasil paparan sinar matahari yang memiliki kandungan sinar UV B. Tapi, apabila terlalu lama terpapar sinar UV B juga akan memberikan banyak dampak negatif bagi kulit, seperti kulit merah, perih, terasa terbakar, hingga merusak melanin, sehingga membuat kulit cenderung lebih gelap. ” Terangnya kepada kurang lebih 25 peserta talk show.

Agar terhindar dari dampak buruk sinar UV cara pencegahannya diantaranya menggunakan kacamata saat panas matahari, menggunakan tabir surya dan sunscreen agar tidak menimbulkan kanker kulit. Antioksidan juga dirasa penting bagi kulit karena mengandung vitamin C, E, A, dan B yang bersumber dari 5-7 buah segar dan sayur-sayuran seperti tomat, jeruk, sayuran hijau dan wortel.(SN)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here