Menghadapi cuaca ekstrem terutama di kawasan pesisir pantai, Pemkot Surabaya melakukan antisipasi sejak dini, dengan membangun weather information display atau videotron cuaca. Sehingga jika para nelayan ingin melaut, mereka bisa melihat kondisi cuaca.

Saat ini sudah terpasang 6 videotron cuaca di beberapa titik pesisir kota Surabaya, antara lain di Taman Suroboyo, kelurahan Cumpat kecamatan Kedung Cowek, Masjid Al Mabrur kelurahan Nambangan, Tambat Labuh Sontoh kecamatan Asemrowo, Sentra Ikan Romokalisari, Tambak Wedi Kenjeran, dan Kalisari Mulyorejo.

Menurut Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, ” alat ini bisa bermanfaat bagi para nelayan dan menjadi acuan infomasi seputar kondisi cuaca. Sehingga sebelum berangkat mencari ikan, saya harapkan para nelayan mengecek kondisi cuaca di videotron” pesan Walikota wanita pertama di Surabaya tersebut.

Sementara itu, kepala Stasiun Meteorologi Maritim Perak, Taufiq Hermawan, sangat mengapresiasi pemasangan videotron cuaca ini sebab alat ini dapat mempermudah para nelayan untuk melihat kondisi cuaca sebelum berangkat mencari ikan.

Lebih lanjut Taufiq mengingatkan agar masyarakat mulai berhati-hati serta waspada, karena diperkirakan 15 hari ke depan akan terjadi cuaca ekstrem yang disertai rob di Surabaya. (RED)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here