Guys meskipun udah masuk musim penghujan, kita masih perlu berhati-hati terhadap ancaman kebakaran dilingkungan sekitar kita. Tentu kita gak pengen harta benda yang kita miliki atau bahkan nyawa orang-orang yang kita cintai terenggut dari sisi kita karena keteledoran kita yang menyebabkan musibah kebakaran. 

Seperti peristiwa senin pagi ini (30/12). Akibat hubungan arus pendek sebuah kantor finance yang berada di Jl. Raya Tenggilis No.23, Kendangsari, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya terbakar akibat amukan si jago merah.

polisi melakukan pengamanan lokasi kebakaran


Menurut Sukardi Kepala Rayon Surabaya Timur Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pahlawan, peristiwa kebakaran ini terjadi sekitar pukul 5 pagi, bermula dari adanya arus pendek yang terjadi dilantai 1 dari ruko tiga lantai tersebut. ” kami mendapat laporan dari warga yang menghubungi salah satu radio swasta yang melaporkan ada kebakaran, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kami mengerahkan kurang lebih 10 unit pemadam kebakaran untuk memadamkan api ” terangnya. 

10 unit damkar dikerahkan untuk mengatasi amukan si jago merah

Dari pantauan tim Yesonline dilapangan, dalam insiden kebakaran ini tidak memakan korban jiwa dan semua berkas penting yang ada didalam kantor Finance tersebut juga  berhasil diselamatkan. 

Nah Guys, tentu kita gak pengen kan kalo rumah kita atau tempat usaha kita tutup karena bencana kebakaran ?, Untuk antisipasi tim Yesonline punya beberapa tips agar tidak terjadi korsleting.

1. Percayakan pemasangan instalasi rumah/tempat usaha kepada perusahaan biro instalatir atau konsuil yang terdaftar resmi dalam Asosiasi dan terdata di PLN.

2. Jangan menumpuk steker atau colokan listrik terlalu banyak pada satu tempat.

3. Jangan menggunakan material listrik sembarangan yang tidak standar walaupun harganya murah. Tetapi pastikan material listrik yang dipakai memiliki sertifikat Sistim Pengawasan Mutu (SPM).

4. Jika sekring sering putus jangan menyambungnya dengan serabut kawat yang bukan fungsinya karena setiap sekring telah diukur kemampuan menerima beban tertentu

5. Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi isolasi pembungkus kabel, bila ada isolasi yang terkelupas atau telah menipis segera dilakukan penggantian. Gantilah instalasi rumah/bangunan secara menyeluruh minimal lima tahun sekali.

6. Gunakan jenis dan ukuran kabel sesuai peruntukan dan kapasitas hantar arusnya ya guys.

7. Bila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik akibat pengaman Mini Circuit breaker (MCB) tidak berfungsi dengan baik, matikan segera listrik dari kWh meter. Jangan menyiram sumber kebakaran dengan air bila masih ada arus listrik.

8. Hindari pemakaian listrik secara ilegal karena disamping membahayakan keselamatan jiwa, tindakan itu juga tergolong tindak kejahatan yang dipidanakan.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here