Home Headline Agnez Mo, Antara Karir Internasional dan Cibiran Tak Nasionalis

Agnez Mo, Antara Karir Internasional dan Cibiran Tak Nasionalis

Nama Agnez Mo baru-baru ini menjadi buah bibir. Bukan karena karya atau karirnya di luar negeri, tapi karena ucapannya dalam sebuah wawancara internasional yang mengaku dirinya tak punya darah keturunan Indonesia.

Sontak, sesi wawancara bersama Build Yahoo! itu pun membuat penyanyi kelahiran Jakarta, 33 tahun ini dicibir habis-habisan oleh netizen Tanah Air. Hmmm, memang benar ya Agnez tak punya darah keturunan Indonesia?

Yuk, kita intip silsilah Agnez yang belum banyak orang tahu gengs! Agnez lahir dengan nama lengkap Agnes Monica Muljoto. Lahir di Jakarta dari keluarga keturunan Jepang, Jerman, dan China. Kakek nenek buyutnya sendiri berasal dari Jepang.

Ayahnya eks atlet basket Ricky Muljoto dan ibunya bernama Jenny Siswono, mantan atlet tenis meja. Agnez punya kakak laki-laki Steve Muljoto yang sekaligus jadi manajernya.

Agnez menimba ilmu di Sekolah Dasar Tarakanita, dan menempuh pendidikan SMP dan SMA di Pelita Harapan Jakarta. Sejak usia dini, Agnez sudah mulai menunjukkan bakatnya di dunia seni, terutama bidang tarik suara.

Saat itu, ia juga aktif menjadi penyanyi di gereja dan ikut kursus menyanyi. Karir profesionalnya dimulai sejak 1992 lewat album anak-anak bertajuk ‘Meong’, disusul ‘Yess’ pada 1995. Kala itu, Agnez dikenal lewat duetnya dengan Eza Yayang.

Beranjak remaja, Agnez mengisi beberapa program TV seperti Video Anak Anteve, Tralala Trilili, dan Diva Romeo. Ia juga pernah diganjar penghargaan sebagai Presenter Program Anak-anak Terfavorit pada 1990 dan 2000.

Nah, sudah jelas kan sekarang silsilah seorang Agnez yang kini sedang berkarir di Amrik? Meski begitu, Agnez tetap mengakui dirinya orang Indonesia lho gengs! Ia juga mengaku bangga karena pernah dilahirkan di Indonesia, dengan segala kekayaan adat, budaya, seni, dan tradisinya.

Jadi, jangan tersulut oleh berita yang beredar yang mengatakan bahwa Agnez tidak punya nasionalisme ya? Sebab, dalam setiap karyanya, Agnez selalu membawa nama Indonesia ke kancah internasional.

Salah satu acara yang pernah didatangi oleh Agnez dengan mengenakan busana adat Indonesia adalah saat ia menjadi salah satu pembawa acara karpet merah ajang penghargaan tahunan American Music Awards yang diselenggarakan di Nokia Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat pada 2010 silam.

Kala itu, ia tampil menggunakan busana bermotif batik dan kebaya, serta sesekali menggunakan bahasa Indonesia. Dalam kesempatan itu, Agnez juga berduet bersama penyanyi Meksiko Christian Chávez dalam lagu berjudul ‘En Dónde Estás?’ yang dikemas dalam bahasa Spanyol, Inggris, dan Indonesia.

Citra sebagai Penyanyi Hip-hop

Ya, karir Agnez di luar negeri jangan diragukan lagi ya guys? Seabrek kalau disebutin satu-satu. Yang jelas, sampai saat ini Agnez tetap konsisten dengan membentuk citra sebagai musisi aliran pop, R&B, dan hip-hop.

Berbagai kerjasama dengan musisi dunia pun pernah ia lakoni, mulai duet dengan Michael Bolton, Chris Brown sampai yang terbaru dengan rapper Amrik, French Montana dalam lagunya bertajuk ‘Diamond’.

Buat Agnez, musisi tenar seperti Aretha Franklin, Jill Scott, Angie Stone, Madonna, Michael Jackson, Fantasia, dan Beyoncé merupakan pengaruh besarnya dalam bermusik. Agnez juga sering dibanding-bandingkan dengan artis Amrik lainnya, terutama Britney Spears dan Christina Aguilera.

Meski begitu, cukup banyak juga penyanyi Indonesia yang terpengaruh Agnez dalam hal gaya bernyanyi dan penampilan. Penyanyi dari negara tetangga, Stacy, bahkan mendapat julukan sebagai ‘Agnes Monica Malaysia’ akibat pengaruh Agnez pada dirinya.

Agnez memiliki jenis suara sopran dengan jangkauan yang cukup tinggi. Untuk lagu-lagu bertempo cepat, ia memadukannya dengan koreografi yang energik di atas panggung sehingga sering mengharuskannya untuk tampil secara lip sync.

Selain sering berlatih vokal, Agnez juga rajin melatih gerakan tari dan stamina untuk menunjang penampilannya. Sampai saat ini, Agnez merupakan satu-satunya artis Indonesia yang memiliki grup tari pribadi yang bernama Nezindahood.

Penari-penari dalam grup tersebut dipilihnya melalui audisi sejak penggarapan album pertamanya pada tahun 2003. Seiring dengan profesinya sebagai penyanyi, Agnez juga mengembangkan kemampuannya dalam bermain piano dan menulis lagu.

Bakatnya dalam mencipta lagu mulai terbentuk saat menggarap album ‘Sacredly Agnezious’, saat ia menciptakan tiga lagu termasuk singel ‘Godai Aku Lagi’. Agnez merupakan artis yang selalu membawa tren baru di kalangan anak muda, khususnya dalam hal penampilan, baik itu pakaian, aksesori, maupun tata rambut.

Melalui penampilannya di atas panggung, video musik, dan sinetron, Agnez telah mempopulerkan berbagai gaya berpenampilan, mulai dari punk rock hingga harajuku. Meski begitu, ia juga tak jarang dituduh tidak orisinal dan cenderung kebarat-baratan. Agnez menanggapi komentar mengenai dirinya tersebut dengan berkata:

“Tidak ada satu pun di dunia ini yang ‘original’ tanpa pengaruh dari hal lainnya. Saya beruntung lahir dan dibesarkan di Indonesia (specifically Jakarta) pada jaman ini di mana kita (dalam hal ini Indonesia) sangat terbuka dengan proses globalisasi. Budaya Timur dan Budaya Barat saling mempengaruhi, ya begitu keadaannya. Intinya, adanya pengaruh antar budaya jangan dianggap sebagai ‘budaya yang berbenturan’, tapi anggaplah sebagai budaya yang ‘saling melengkapi’. Ambil yang baik dari budaya-budaya tersebut dan tinggalkan yang negatif. Jadi, ya, saya ini adalah produk Indonesia dan produk era globalisasi”

Bisnis Clothing Line

Tak hanya soal musik, ketertarikan Agnez dalam dunia busana juga mendorongnya untuk menekuni bisnis clothing line yang mendapat sambutan bagus. Menurut survei yang dilakukan majalah Cosmopolitan pada tahun 2010, Agnez merupakan penyanyi perempuan terseksi di Indonesia.

Ia juga sempat meraih Kartini Award dari Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) dan World Health Organization (WHO). Menurut Ketua Umum WITT Nita Yudi, “Karena Agnez adalah artis muda berprestasi yang enerjik, dan pastinya tidak merokok. Semoga dapat menjadi contoh yang baik bagi generasi muda”.

Agnez juga merupakan selebriti yang tertutup mengenai kehidupan pribadinya di media. Ia sering diterpa gosip menjalin hubungan khusus dengan sejumlah nama, tapi tak satu pun yang ia konfirmasi.

Agnez merupakan penyanyi dengan jumlah penghargaan paling banyak di Indonesia. Sebagai salah satu figur paling dominan dalam industri hiburan Indonesia, Agnez telah mendapat kepercayaan untuk menjadi bintang iklan ataupun duta oleh berbagai merek produk.

Ia pun telah terlibat dalam sejumlah kegiatan sosial. Ia melakukan kegiatan penggalangan dana untuk membantu para korban bencana, seperti di Sumatera Barat dan Situ Gintung. Ia juga membantu menggalang dana senilai lebih dari Rp 400 juta untuk Persis, tim sepak bola Surakarta, melalui konser yang diadakan di Diamond Convention Center di Surakarta.

Awal bulan Desember 2011, Agnez mengadakan konser amal ‘Save A Teen Charity Concert’, konser yang diadakan untuk membantu remaja-remaja yang putus sekolah. Hasil tiket yang ludes terjual diserahkan ke Sampoerna Foundation sebagai pemrakarsa acara untuk disumbangkan pada remaja-remaja yang yang membutuhkan.

So, masih mau mencibir Agnez nih gengs? (Ry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Mau Kulit Mulus dan Sehat? Yuk, Makan 9 Makanan Ini, Girls!

Untuk mendapatkan kulit sehat dan mulus, kita tidak bisa hanya mengandalkan produk perawatan kulit bagian luar. Tubuh kita juga perlu ditunjang dengan makanan sehat agar...

Hindari Hobi Ini Biar Kamu Nggak Sulit Dapat Pasangan

Berkhayal mengenai cowok idaman memang sangat menyenangkan. Membayangkan sosok cowok seperti Ryan Gosling atau Josh Hutcherson bisa membuat hati berbunga-bunga. Namun, sebuah penelitian yang...

4 Film Hollywood Penutup Akhir Tahun yang Wajib Kamu Tonton

Nggak terasa, akhir tahun 2019 sudah di depan mata. Beberapa deretan film Hollywood penutup akhir tahun pun siap menghibur kamu di bioskop kesayangan. Apa...

Buat Kamu yang Lembur Kerja, Intip Yuk 4 Cara Biar Tetap Sehat

Menjelang deadline tugas kantor, tidak jarang kita diharuskan untuk bekerja ekstra alias lembur. Tapi, jangan sampai lembur membuat kamu jatuh sakit. Lakukan 4 cara sehat...

‘No Time To Die’, Film Terbaru James Bond yang Penuh Adegan Mendebarkan

Film terbaru James Bond akan dilempar ke bioskop Tanah Air pada April 2020 mendatang. Dengan judul 'No Time To Die', film yang disutradarai oleh...