Home Lifestyle 5 Tip Saat Kamu Bingung Memilih Jurusan di PTN

5 Tip Saat Kamu Bingung Memilih Jurusan di PTN

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 sudah dimulai. Tak dipungkiri, fenomena bingung memilih jurusan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pun kerap terjadi.

Untuk itu, jangan sampai kamu melakukan kesalahan ini. Mengingat, masuk PTN dengan jurusan favorit pastinya menjadi harapan kamu dan orangtua. Selain kamu memimpikan bisa masuk ke PTN idaman, tentu menjadi bagian dari mahasiswa/mahasiswi di PTN tersebut juga pasti menjadi kebanggaan tersendiri.

Nah, biar kamu bisa lolos ke PTN di tengah ketatnya persaingan untuk masuk, maka sebaiknya kamu bijak ya saat memilih jurusan di PTN yang kamu tuju. Pertama, tentu kamu harus menyesuaikan bakat, kemampuan, serta minat masing-masing.

Kalau itu sudah ditemukan, maka hindari beberapa hal di bawah ini ya agar kamu nggak salah memilih jurusan. So, simak ulasan berikut agar kamu terhindar dari kesalahan ketika memilih jurusan di PTN favorit.

1. Terpengaruh dengan Teman

Hindari memilih jurusan karena kamu terpengaruh dengan teman. Maklumlah, salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh peserta SBMPTN adalah belum siap meninggalkan masa-masa indah bersama teman SMA. Bayang-bayang mereka masih begitu kuat karena menjadi orang-orang dekat dalam tiga tahun terakhir. Pengaruh itu pun terbawa saat memilih jurusan di PTN. Tak sedikit orang memilih jurusan SBMPTN karena ikut-ikutan teman, meski sebenarnya kamu sendiri tidak suka jurusan itu dan bahkan tidak mampu untuk menjalaninya nanti. So, sebaiknya pikirkan terlebih dulu secara matang ya, karena ini menyangkut masa depan kamu, bukan masa depan teman-temanmu.

2. Tak Sadar dengan Kemampuan

Sebelum memilih jurusan, kamu ada baiknya sadar dulu akan kelebihan dan kekuranganmu. Jujurlah pada diri sendiri dan tidak perlu ikut-ikutan teman atau paksaan dari keluarga, sehingga memilih jurusan hanya demi gengsi atau ingin dibilang keren. Beberapa kegagalan lolos SBMPTN seringkali terjadi karena kurang persiapan latihan mengerjakan soal dan memilih jurusan dengan passing grade terlalu tinggi.

3. Jurusan Sedikit Peminat

Memilih jurusan dengan peminat sedikit agar lolos SBMPTN bukan berarti akan diterima dengan mudah. Yang terpenting, belum tentu jurusan tersebut sesuai minat dan kemampuan. Bisa saja kamu akan diterima di jurusan tersebut, tapi akan kesulitan saat menjalani kuliah nanti karena sebenarnya memang tidak suka dengan pilihan itu. Sekali lagi, tetap sesuaikan pilihan jurusan dengan kelebihan dan kekurangan kamu. Jadilah diri sendiri karena kamu sendiri yang akan menjalaninya.

4. Kurang Melakukan Penelitian

Sangat penting untuk memilih jurusan yang pas. Cobalah melakukan penelitian kecil-kecilan mengenai jurusan yang akan dipilih. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang seluk-beluk jurusan itu, misalnya mata kuliah yang diajarkan, dosen, fasilitas, dan biaya kuliah. Penting juga mengetahui peluang kerja dari jurusan yang dipilih karena akan menentukan prospek karir yang akan kamu jalani di masa mendatang.

5. Paksaan Keluarga

Orangtua dan anggota keluarga juga berperan penting dalam menentukan pilihan di suatu jurusan. Banyak kejadian kalau orangtua memaksakan kehendak pada anak karena merasa pilihannya benar dan sesuai pengalaman. Namun, tidak selamanya pendapat orangtua benar karena jaman sudah berubah. Untuk itu, dibutuhkan diskusi dengan orangtua untuk membahas bila pilihan jurusan berbeda dengan harapan orangtua. Usahakan cari jalan tengah dan solusi terbaik. Selalu ada jalan keluar jika suatu masalah dibicarakan baik-baik.

Penulis: @ary.nug

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Mau Kulit Mulus dan Sehat? Yuk, Makan 9 Makanan Ini, Girls!

Untuk mendapatkan kulit sehat dan mulus, kita tidak bisa hanya mengandalkan produk perawatan kulit bagian luar. Tubuh kita juga perlu ditunjang dengan makanan sehat agar...

Hindari Hobi Ini Biar Kamu Nggak Sulit Dapat Pasangan

Berkhayal mengenai cowok idaman memang sangat menyenangkan. Membayangkan sosok cowok seperti Ryan Gosling atau Josh Hutcherson bisa membuat hati berbunga-bunga. Namun, sebuah penelitian yang...

4 Film Hollywood Penutup Akhir Tahun yang Wajib Kamu Tonton

Nggak terasa, akhir tahun 2019 sudah di depan mata. Beberapa deretan film Hollywood penutup akhir tahun pun siap menghibur kamu di bioskop kesayangan. Apa...

Buat Kamu yang Lembur Kerja, Intip Yuk 4 Cara Biar Tetap Sehat

Menjelang deadline tugas kantor, tidak jarang kita diharuskan untuk bekerja ekstra alias lembur. Tapi, jangan sampai lembur membuat kamu jatuh sakit. Lakukan 4 cara sehat...

‘No Time To Die’, Film Terbaru James Bond yang Penuh Adegan Mendebarkan

Film terbaru James Bond akan dilempar ke bioskop Tanah Air pada April 2020 mendatang. Dengan judul 'No Time To Die', film yang disutradarai oleh...