Kalian pasti gak asing lagi dengan komik digital atau yang biasa kalian sebut webtoon. Salah satu penerbit webtoon yang paling terkenal, yaitu Line Webtoon telah banyak menerbitkan oleh perusahaan asal Korea Selatan ini. Bahkan tak hanya dari kreator Korea Selatan saja yang menerbitkan komiknya, para kreator asal Indonesia juga banyak menerbitkan komiknya dan disukai oleh para pembaca.

Salah satu genre yang banyak dibaca adalah webtoon bergenre drama. Nah, kita sudah siapkan 5 rekomendasi webtoon drama yang dibuat oleh para kreator Indonesia. Yuk, simak daftarnya:

Code Helix

Webtoon karya Nikki Dibya Wardhana dan Bryan Arfiandy ini bertemakan tentang hacking. Menceritakan seorang murid SMA bernama Rendra dimana ia bisa meretas isi chat, media sosial, bahkan isi yang ada dalam smartphone dan laptop seseorang untuk membuka keburukan dan sifat asli yang disembunyikan. Dalam merencanakan aksi tersebut, ia tidak menggunakan nama aslinya, tetapi menggunakan nama alias, yaitu Helix.

Banyak siswa yang menggunakan Helix untuk melihat keburukan dan kejahatan dibalik sifat yang ditampilkan oleh pacar, teman, bahkan sahabat mereka sendiri. Hal tersebut membuat seisi sekolah ramai membincangkan keburukan teman mereka sendiri yang telah dibongkar. Keramaian itu membuat ketua Dewan Keamanan Sekolah (DKS) sekaligus teman dekat Rendra, Shanty, mulai mengejar dan menghentikan Helix.

90 Days

Webtoon ini merupakan karya dari Bekyu yang memiliki pesan untuk menghargai setiap waktu yang ada.

Bercerita tentang Rara dimana dia didatangi oleh malaikat maut dan akan mati dalam 90 hari kemudian. Tetapi Rara yang mendengar hal tersebut tenang-tenang saja karena pada awalnya Rara memang ingin segera meninggal.

Agar Rara dapat diterima di surga, Malaikat maut menyuruh Rara untuk berbuat baik. Selain itu, Rara yang merupakan yatim piatu dan tidak memiliki seorang teman juga harus mencari seorang teman dan memperbaiki hubungan dengan kakaknya.

Mulai dari Rara yang tidak memiliki siapapun, kemudian dalam hidupnya berisi dengan kegiatan bersama teman-temannya membuat ia memikirkan kembali tentang kematiannya. Terlebih lagi, Rara mempunyai perasaan lain dengan salah satu temannya, yaitu Putra.

Webtoon yang terbit setiap hari Minggu ini, sudah hampir di akhir ceritanya.

Friends

Buat kamu yang suka sama komik yang bertemakan musik bisa baca webtoon yang satu ini. Webtoon karya Leaf19 menceritakan tentang klub musik SMA Patra Dharma yang terancam dibubarkan karena tak menghasilkan prestasi apapun, tampil sekalipun juga tak pernah.

Beranggotakan 3 orang, Allo dan Lex sebagai gitaris dan Boem sebagai drummer, mereka harus menghasilkan prestasi agar dapat mempertahankan klub tersebut. Sebelum itu mereka harus mencari 1 orang lagi untuk memenuhi anggota dan dipilihlah Edro. Akan tetapi, Edro merupakan anak yang “bermasalah” sehingga Allo dan teman-temannya harus membujuknya untuk masuk kedalam klub.

Tak hanya memperlihatkan perjuangan mempertahankan klub musik saja, webtoon ini juga menceritakan masalah yang terjadi pada masing-masing karakter dan hubungan persahabatan yang terjalin.

We Are Pharmacist

Salah satu pemenang webtoon challenge yang menceritakan masa-masa perkuliahan anak farmasi. Berawal dari cerita dengan 4 scene di webtoon challenge dengan unsur drama komedinya membawa webtoon ini menjadi diterbitkan secara resmi di Line Webtoon.

Bersama dengan teman-temannya, Putra, Levy, Eva dan teman-teman kampus lainnya, Radith menjalani hari-harinya berkuliah D3 Farmasi dari menjadi maba atau mahasiswa baru, mengikuti lomba olahraga antar jurusan, menjadi pengurus himpunan, sampai dengan mengurus tugas akhir untuk kelulusan.

Gak hanya buat anak farmasi aja, mahasiswa lain juga bisa membaca ini karena ceritanya sangat berhubungan dengan masa-masa perkuliahan. Unsur komedi yang diberikan juga menggelitik perut karena kepolosan dari Radith.

Walau membuat pembaca tertawa, webtoon ini juga memberikan edukasi tentang farmasi seperti bagaimana menggunakan inhealer yang benar hingga membaca lambang obat.

Sayonara, Manga!

Bagi pecinta komik pasti mengetahui kalau komik versi cetak sekarang mulai jarang diminati. Pada webtoon Sayonara, Manga! mengulik tentang bagaimana penerbit komik harus bertahan dengan zaman yang menggeser komik-komik cetak.

Dengan karakter utama Pita yang merupakan siswa SMK menyukai komik cetak sehingga ia menginginkan untuk dapat bekerja di sebuah penerbitan komik. Bermula dengan magang di perusahaan penerbitan YF, Pita kemudian ditunjuk sebagai penanggung jawab tim khusus untuk mempertahankan YF.

Nah itulah webtoon yang kita rekomendasikan buat Yespeople. Genre drama dalam webtoon juga seru untuk dibaca kok. Jadi mau baca webtoon yang mana nih? (QD)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here