Film ‘Bumi Manusia’ karya sutradara Hanung Bramantyo tak lama lagi bakal tayang di bioskop kesayangan. Tepatnya pada 15 Agustus 2019 nanti, film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer ini sudah bisa kamu nikmati di layar lebar.

Meski novelnya keluar pada 1980 silam, sang sutradara berharap agar para bintang yang berperan dan kisah dalam film ini bisa diterima oleh generasi saat ini. Perlu kamu tahu gengs, film ‘Bumi Manusia’ dimainkan oleh Iqbaal dan Mawar yang memerankan karakter Minke dan Annelies.

Tak hanya itu, ada aktris senior, Sha Ine Febrianti yang berperan sebagai Nyai Ontosoroh dan beberapa pemain pendukung lainnya seperti Ayu Laksmi, Donny Damara sampai Christian Sugiono. Film ini sendiri berkisah tentang sosok Minke yang merupakan anak pribumi yang sekolah di HBS.

Pada masa itu, yang dapat masuk ke sekolah HBS adalah orang-orang keturunan Eropa. Tapi Minke, selain anak seorang pesohor, juga pribumi yang pandai. Ia sangat piawai menulis. Melihat kondisi di sekitarnya, Minke tergerak untuk memperjuangkan nasib pribumi melalui tulisan, yang menurutnya membuat suaranya tidak akan padam ditelan angin.

Saat ini, trailer ‘Bumi Manusia’ sukses ditonton lebih dari 5 juta pengguna YouTube. Hanung pun telah mengungkapkan sejumlah fakta menarik yang ada di film ‘Bumi Manusia’. Nah, biar kalian nggak ketinggalan, yuk kita simak apa saja fakta paling menarik dari film ini!

1. Berdurasi 3 Jam

Kali ini, film Indonesia mengeluarkan film dengan durasi 3 jam. Menurut Produser Falcon Picture, Frederica, durasi 3 jam untuk novel karya Pramoedya Ananta Toer merupakan hal yang wajar. Tetapi, Hanung mengaku jika dirinya tetap harus memotong lima adegan dari novel tersebut.

2. 60% Pemain Film adalah Orang Belanda

Sebagai sutradara, Hanung sempat menggelar casting di Belanda demi film ‘Bumi Manusia’. Bahkan, ia melibatkan banyak warga asli Belanda di film ini. Sekitar 60% pemain film ‘Bumi Manusia’ merupakan pemain yang di-casting langsung di Belanda.

3. Kontroversi Pemilihan Iqbaal

Pemilihan Iqbaal Ramadhan sebagai pemeran utama dalam film ‘Bumi Manusia’ rupanya menuai kontroversi warganet. Mereka menganggap aktor muda ini tidak pantas, karena terlalu muda untuk memerankan sosok Minke. Tapi rupanya, Hanung tak terpengaruh dengan hal itu dan tetap memakai Iqbaal untuk menghidupkan film ini.

Nah, bagaimana gengs tiga fakta menarik dari film ini? Agar kalian semua tetap cinta Tanah Air, kita sarankan kamu untuk melihatnya langsung nanti ya di bioskop kesayangan!

Penulis: Revina Tista


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here